4 Tips Ibu Memilih Mainan Anak Cerdas

No comment 1064 views

4 Tips Ibu Memilih Mainan Anak Cerdas

Mainan anak – Jika Anda ingin memilih http://www.bilna.com/blog/tips-memilih-mainan-anak-balita/┬ámainan untuk anak, sebaiknya Anda lebih teliti dalam membelinya baik atau tidak bagi mereka. Lalu bagaimana caranya? Langsung saja Anda simak berikut ini 4 tips Ibu memilih mainan anak cerdas:

  • Sesuai Usia Anak

Ketika memilih mainan pertama untuk aktivitas si kecil, penting untuk anda ketahui tingkat perkembangan mental di usianya. Pilihlah mainan yang sesuai dengan tingkat belajarnya. Cobalah cari mainan yang akan menantang perkembangan keterampilan tetapi tanpa membuat anak frustasi. Selalu cek label usia di setiap kemasan mainan. Label usia yang terdapat pada kemasan memang berdasarkan pada kemampuan mental dan fisik anak, kebutuhan bermain, minat dan keamanan.

  • Pilih yang Bertenaga Baterai

Jika Anda ingin membeli mainan untuk bayi seperti robot atau mobil-mobilan, disarankan untuk tidak menggunakan listrik. Namun, Anda bisa membeli mainan yang menggunakan baterai agar si kecil tidak tersetrum. Selain itu, Anda juga harus perhatikan penutup baterai untuk menghindari si kecil membuka dan menelan baterai.

  • Merangsang Indera

Setiap hari bagi anak merupakan saat yang penuh dengan penemuan hal baru. Aktivitas dan mainannya haruslah didesain untuk merangsang perkembangan indera anak. Semakin banyak dan semakin sering panca indera digunakan, sel-sel otak anak juga akan semakin berkembang (secara kuantitas dan kualitas).

Mainan yang bertekstur, bentuk dan warna yang menarik dan dapat mengeluarkan suara akan membantu anak dalam bereksplorasi dan belajar. Untuk membimbing rasa peduli anak tentang bagaimana sesuatu itu terjadi, mainan harus mudah digunakan dan merangsang interaksi.

  • Utamakan Keselamatan dan Kesehatan

Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Orang tua haruslah selalu mengingat sisi keselamatan ketika memilih mainan untuk anaknya. Pastikan mainan itu kuat (tidak mudah pecah) dan dalam ukuran yang aman tanpa ada bahaya menggores atau tertelan. Pastikan permukaan mainan terbuat dari material/cat yang aman dan tidak mudah mengelupas. Pastikan baterai terpasang dan terkunci dengan baik.

Jika mainan menggunakan tali sebagai salah satu komponen, pastikan panjangnya tidak lebih dari 20 cm untuk menghindari leher anak terjerat. Jauhkan plastik/kemasan pembungkus dari anak. Pastikan pula mainan itu sudah mencantumkan lebel standar kualitas internasional dikemasannya (misalnya CE atau ASTM) atau standar nasional (misalnya SNI).

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Ibu Memilih Mainan Anak Cerdas"