Botol Susu – Tips Memilih Botol Susu Kaca atau Plastik?

Botol Bayi

Botol susu – Perlengkapan bayi, seperti botol susu yang dijual di pasaran tentu memiliki kualitas yang berbeda-beda. Maka dari itu, orang tua perlu berhati-hati saat memilih perlengkapan untuk bayi.

Dilihat dari bahan pembuatannya, botol susu berbahan dasar dari bahan plastik dan botol susu kaca. Bingungkah anda dalam memilihnya? Baca selengkapnya mengenai tips memilih botol susu yang aman untuk si buah hati ya.

produk botol susu bahan plastik yang berlabel BPA Free atau bisa juga memilih botol yang terbuat dari bahan kaca Borosilicate Glass. Botol susu yang terbuat dariĀ  Borosilicate Glass atau bahan yang sama digunakan pada peralatan laboratorium mampu menjaga suhu dalam botol, tidak mudah pecah/retak walaupun botol sudah direbus kemudian langsung terkena air dingin.

Kebanyakan orang tua juga memilih botol susu anti-sedak dan anti-kolik sehingga mencegah bayi dari risiko tersedak, kembung, masuk angin, dan muntah saat menyusu.

Dot bayi juga harus memiliki bentuk menyerupai puting payudara orang tua agar bayi tidak mengalami bingung puting saat beralih menyusu ke payudara. Pilih ukuran dot sesuai usia bayi, karena akan mempengaruhi ritme aliran susu yang keluar dari lubang dot.

Sebaiknya, orang tua memilih ukuran botol susu sesuai usia bayi dan gantilah botol susu bila sudah tergores atau bagian dotnya sudah mulai rusak. Berikan botol susu yang aman untuk usia di bawah 1 tahun agar pemberian ASI ekslusif bayi jadi lebih optimal.

Dan ada 2 hal yang terpenting dalam memilih perlengkapan bayi botol susu. Berikut adalah penjelasannya.

  • Pilihlah ujung botol susu yang pas ukurannya dengan mulut bayi dan tahap perkembangannya. Untuk bayi yang baru lahir tidak perlu menggunakan ujung botol yang orthodontis sampai dengan bayi tersebut memiliki gigi.
  • Bacalah dan ikuti petunjuk range usia yang tercantum dalam botol, jangan memberikan bayi botol susu yang tidak sesuai dengan usianya.

Untuk para orang tua yang sudah mengerti tentang perbedaan antara yang kaca dengan yang plastik, silahkan memebeli sesuai dengan kepercayaan masing-masing, Semoga artikel di atas dapat membantu para ibu.

No Response

Leave a reply "Botol Susu – Tips Memilih Botol Susu Kaca atau Plastik?"