Buku Bacaan Anak yang Pas untuk Buah Hati

No comment 7399 views

Buku Bacaan Anak

Buku Bacaan Anak – Membiasakan buah hati untuk senang membaca buku bacaan anak sejak dini merupakan sebuah hal yang  baik. Hal ini dikarenakan kebiasaan membaca buku selain menambah pengetahuan baru untuk si Kecil, Anda juga membantu mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil serta meningkatkan kemampuan berbahasa yang ia miliki.

Namun, jika Anda ternyata masih ingin memulai kebiasaan baik untuk si Kecil dan bingung saat memilih buku yang tepat untuknya, jangan khawatir. Masih belum ada kata terlambat untuk menerapkan kebiasaan baik ini kok, parents. Anda dapat memilihkan bacaan anak berdasarkan jenis buku yang cenderung disukai anak-anak seperti berikut:

  • Buku Mewarnai

Buku mewarnai adalah sebuah buku yang terdiri dari beragam tokoh dalam cerita yang digambar dalam bentuk kartun dan hanya terdiri dari goresan warna hitam dan putih. Memberikan warna pada tokoh-tokoh yang ada pada gambar tersebut merupakan tugas dari buah hati Anda. Pada mulanya buku ini beredar, produsen lebih cenderung membuatkan buku mewarnai yang hanya terdiri karakter-karakter animasi dalam hitam-putih.

Kemudian seiring berjalannya waktu, beberapa produsen buku bacaan anak memproduksi buku mewarnai yang di dalamnya disertai cerita anak yang disukai si Kecil. Dengan demikian, si Kecil yang telah Anda bacakan cerita dari buku tersebut akan mulai mengembangkan imajinasinya dan mulai mewarnai tokoh-tokoh tersebut.

  • Buku Dongeng Fabel

Fabel merupakan sebuah cerita yang menceritakan tentang kehidupan hewan namun berperilaku seperti manusia, sebagai contohnya mereka dapat berbicara, bernyanyi, menari, tertawa, dan sebagainya. Meski bukan cerita nyata, buku bacaan fabel sangat digemari oleh anak-anak karena ceritanya yang menarik dan dapat mengembangkan daya imajinasi yang dimilikinya.

Melalui dongeng fabel, Anda juga dapat mengajarkan beragam kebaikan dan pesan moral pada buah hati tersayang. Sebagai contoh fabel yang terkenal adalah cerita kelinci dan kura-kura yang mengisahkan seekor kelinci menantang kura-kura untuk beradu lari dengannya. Namun, akibat kesombongan dan sikap meremehkan dari si Kelinci, kura-kura yang berjalan sangat lambat ternyata mampu menjadi pemenang. Dari cerita tersebut Anda dapat mengajarkan pada buah hati bahwa kita sebagai manusia tidak boleh sombong dan harus senantiasa berbuat baik.

  • Buku Dongeng Anak

Siapa sih, yang tidak mengenal cerita tentang Cinderella? Hampir seluruh orang di dunia mengetahui cerita dongeng anak ini yang mengisahkan tentang seorang gadis yang hidup dengan ibu tiri serta 2 saudara tirinya yang selalu berbuat jahat padanya. Cinderella yang selalu sabar dalam menghadapi keluarga tirinya tersebut akhirnya memperoleh kebahagiaan saat menikah dengan pangeran yang dicintainya.

Membacakan buku bacaan anak berupa dongeng seperti contoh di atas juga merupakan sebuah kebiasaan yang baik. Hal ini dikarenakan si Kecil dapat berimajinasi dan mendapatkan pelajaran moral bahwa kita tidak boleh memiliki dendam ataupun sakit hati saat seseorang berbuat jahat pada diri kita dan cobalah untuk selalu bersabar. Sikap sabar itulah yang akan membuahkan kebahagiaan yang pantas kita dapatkan.

  • Buku Bacaan Legenda

Buku bacaan anak berupa legenda merupakan sebuah dongeng yang bercerita tentang peristiwa yang berhubungan dengan keajaiban alam pada suatu tempat. Kemudian oleh masyarakat setempat, peristiwa tersebut berkembang menjadi cerita rakyat yang akhirnya tersebar dari mulut ke mulut. Sebagai contoh dari legenda terkenal yang ada di Indonesia adalah Terjadinya Danau Toba dan Tangkuban Perahu.

Jadi, sudahkan Anda memutuskan buku bacaan anak yang tepat untuknya? Yuk, mulai menerapkan kebiasaan baik berupa budaya gemar membaca pada buah hati tersayang mulai dari sekarang!

author
No Response

Leave a reply "Buku Bacaan Anak yang Pas untuk Buah Hati"