Kiat Memilih Pensil sebagai Alat Tulis Favorit

 Alat Tulis Kantor

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan hampir setiap hari, dan untuk melakukannya Anda membutuhkan bantuan alat tulis. Ada beragam alat tulis yang dapat ditemukan di toko, salah satunya pensil. Dalam perkembangannya, pensil hadir dengan beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin membeli alat tulis ini dan bingung menentukan yang terbaik, yuk, ikuti kiat-kiat di bawah ini:

Sesuaikan dengan kebutuhan

Mengetahui kebutuhan dan selera adalah langkah utama yang perlu dilakukan sebelum membeli pensil. Nah, beberapa pertanyaan yang perlu dijawab adalah:

  • Apa yang akan dilakukan dengan pensil tersebut? Apakah Anda membelinya untuk menggambar, menulis, atau keperluan lain?
  • Pensil seperti apa yang diinginkan? Apakah pensil yang memiliki warna terang atau hitam pekat?

Ketahui mana yang Anda suka

Sebelum membeli, Anda dapat memerhatikan pensil yang pernah dimiliki. Ingatlah bagian apa yang disukai dan tidak diminati dari pensil lama untuk menentukan pilihan saat ini. Sebagai contoh, jika pensil yang lama tidak cukup gelap digunakan, maka pensil yang akan dibeli harus memiliki tingkat ketajaman warna lebih baik.

Tentukan pilihan

Secara umum, alat tulis satu ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pensil standar dan pensil mekanik. Nah, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing sebelum memutuskan membeli yang mana.

Jika memilih pensil mekanik misalnya, Anda tidak perlu menggunakan serutan untuk menajamkannya sebab pensil ini bisa diisi ulang. Akan tetapi, Anda dapat memilih pensil standar apabila ingin membuat efek tulisan lebih bervariasi karena keruncingan alat tulis ini dapat diatur sesuai kebutuhan.

Catatan khusus

Entah pensil standar maupun pensil mekanik, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli alat tulis ini:

1. Pensil mekanik

  • Jika Anda adalah orang yang memiliki kebiasaan menekan dengan keras ketika menulis, cobalah memakai pensil mekanik dengan ukuran 0.9 mm.
  • Jika Anda ingin menulis dengan cepat, mudah, dan ringan, pilihlah pensil mekanik dengan ukuran 0.5 mm sehingga hasil tulisan lebih rapi. Selain itu, pensil mekanik ukuran ini dapat digunakan untuk menulis pada bidang yang sangat tipis.
  • Jika Anda adalah penulis yang memiliki karakter campuran dari dua poin di atas, Anda dapat memilih alat tulis dengan ukuran 0.7 mm.

2. Pensil standar

  • Pilihlah pensil dengan diameter isi sekitar 2.8 mm agar tidak mudah patah ketika digunakan.
  • Pilihlah pensil yang memiliki pori-pori kayu paling padat agar tidak mudah keropos dan patah.
  • Jika akan digunakan untuk mengisi lembar jawaban, pilihlah pensil yang memiliki isi pensil (lead) yang hitam mengkilat.
  • Pastikan posisi isi pensil tepat di tengah-tengah kayu untuk memastikan pensil tidak rapuh ketika digunakan.

3. Cobalah

Anda dapat memegang alat tulis pilihan untuk kemudian merasakan kenyamanannya dengan berpura-pura menulis. Pastikan pensil yang akan dibeli sesuai dengan ukuran tangan dan tidak licin sehingga nyaman digunakan menulis dalam jangka waktu cukup lama.

Sebagai salah satu jenis alat tulis, memilih pensil harus melewati beberapa pertimbangan tertentu agar barang yang dibeli dapat digunakan secara efektif. Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, Anda tidak perlu khawatir salah pilih dan dapat memastikan bahwa pensil pilihan dapat memberikan pengalaman menulis yang lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

No Response

Leave a reply "Kiat Memilih Pensil sebagai Alat Tulis Favorit"