Menjaga Kesehatan Bayi Melalui Botol Susu

botol susuBotol Susu – Botol susu bayi sering digunakan sebagai pengganti payudara ibu yang tidak mampu memenuhi kebutuhan susu si buah hati. Padahal, kebutuhan susu bagi si kecil merupakan hal yang bahkan paling penting.

ASI bisa lebih mendekatkan ibu dan bayinya secara emosional. Namun tidak semua bayi bisa beruntung mendapatkan ASI karena berbagai faktor, misalnya si ibu sakit sehingga air susunya tidak mampu memenuhi kebutuhan susu bayinya, atau si ibu seorang wanita karir sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk memberikan ASI.

Dalam kondisi tersebut tentu kebutuhan bayi akan susu tidak bisa diabaikan. Anda bisa memilihkan susu bayi yang tepat untuk bayinya.

Akan tetapi, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter anak agar bayi Anda bisa mendapatkan susu yang sesuai dengan kondisi dan usianya.

Perawatan botol susu bayi merupakan hal penting yang harus diketahui oleh setiap perempuan. Si bayi seringkali terserang berbagai penyakit terutama oleh bakteri dan kuman karena perawatan botol susu yang kurang diperhatikan. Maka dari itu, berikut ini adalah tips menjaga kesehatan bayi dengan membersihkan botol bayi.

1. Anda harus mensterilisasi botol bayi Anda. Merendam botol bayi kedalam air panas untuk menghilangkan kuman.

2. Jangan menyimpan susu di dalam botol bayi terlalu lama. Jika bayi Anda tidak menghabiskan susunya, jangan paksa ia untuk meminumnya kembali setelah beberapa saat. Susu yang Anda simpan bisa ditumbuhi bakteri dan menjadi busuk.

3. Jagalah agar botol bayi tetap kering. Botol basah menjadi rumah bagi bakteri dan kuman. Pertama, cuci botol bayi dengan air panas dan kemudian air dingin. Gosok botol dengan kain bersih dan keringkan. Menutup botol yang masih basah dapat membuatnya berbau busuk karena bekas air atau susu.

4. Menggosok ujung dot hingga bersih. Cucilah ujung dot dengan air panas dan bersihkan. Anda harus membersihkannya setiap hari. Jangan menggosoknya terlalu kencang sebab bisa merobeknya. Sikat sudut-sudut botol yang jarang terlihat.

Botol bayi harus selalu dibersihkan dan disimpan di tempat yang bersih. Jika bayi Anda melempar botolnya ke lantai, jangan malas untuk mencucinya lagi.

No Response

Leave a reply "Menjaga Kesehatan Bayi Melalui Botol Susu"