Pentingnya Arahan Memilih Baju Anak

No comment 1060 views

Baju anak

Baju anak – Memberikan buah hati baju yang pas sesuai dengan usianya, tetapi tetap dapat cantik maksmial memang bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Adanya berbagai macam sinetron dengan gaya berpakaian dewasa seolah ikut mengubah pola pikir anak-anak untuk ingin berpenampilan dewasa lewat pemilihan baju yang dikenakan.

Anak tak lagi tertarik dengan baju-baju lucu yang memiliki telinga kelinci atau gambar sapi, anak justru lebih tertarik dengan baju-baju ketat dewasa yang menghilangkan kesan keluguan dan kepolosan pada diri mereka sebagai anak kecil. Di sinilah peranan orang tua menjadi sangat dibutuhkan untuk menentukan baju anak sesuai karakter dan usianya.

Memang tidak ada salahnya untuk membiarkan anak memilih sendiri baju yang ia sukai karena hal ini mampu melatih kemandirian anak dalam menentukan sesuatu. Akan tetapi, orang tua tetap memegang peranan penting dalam mengarahkan anak untuk memakai pakaian mana yang pantas dan tidak pantas untuk dikenakan.

Sebagai contoh, untuk baju anak laki-laki yang masih berusia balita atau berusia sekitar 7-15 tahun, usahakanlah untuk memilihkan baju anak yang tidak mengandung gambar-gambar pornografi, pelecehan SARA, ataupun bertulis kata-kata kotor dan gambar mengerikan.

Pengabaian perhatian orang tua terhadap pemilihan pakaian anak yang tidak patut ini secara perlahan-lahan akan membentuk karakter anak untuk menjadi liar dan susah di atur. Jika Bunda mengenal slogan ‘You are what you wear‘, inilah filosofi yang sebenarnya dapat dijadikan landasan antara peran baju yang dikenakan dengan pembentukan mental anak.

Sedari dini, kenalkanlah anak pada dunia mereka yang memang lucu, lugu, dan polos melalui pemilihan baju anak yang lucu dan sesuai usianya. Dukungan penuh orang tua pada buah hati mereka untuk menciptakan pola pikir yang baik ini dapat dimulai dari hal terkecil seperti memilih pakaian anak. Selain itu, banyak juga baju anak bernuansa edukatif yang dilengkapi gambar huruf dan angka sehingga bisa dijadikan media belajar buah hati tersayang.

Bunda juga dapat mengajarkan anak untuk mencintai produk baju dalam negeri dengan membelikan baju batik bagi putra-putri di rumah. Adanya motif baju anak batik yang lucu dan unik juga akan menjadikan buah hati Bunda merasa senang dengan baju batik yang dimilikinya. Sesekali Bunda juga bisa mengajak anak untuk melihat proses pembuatan baju batik anak agar buah hati semakin menghargai seni luhur yang hanya ada di Indonesia.

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Arahan Memilih Baju Anak"