Pilihlah Ukuran Sepeda Yang Cocok Untuk Anak Anda

Pilihlah Ukuran Sepeda Yang Cocok Untuk Anak AndaSepeda anak – sebagai ayah atau ibu tentu menginginkan sepeda yang aman dan cocok untuk dikendarai anak kita. Memilih sepeda anak bisa jadi merupakan sutu hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Selain harga, merk dan kualitas, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan kita untuk membelikan sepeda yang cocok buat anak kita.

1. Usia anak
Hal Yang terpenting dalam memilih sepeda anak yaitu masalah usia anak.anak yang berusia 2 tahun tidak mungkin akan menaiki sepeda untuk anak 17 tahun. Tapi faktor usia jangan dijadikan pertimbangan baku dalam pemilihan sepeda.

2. Ukuran sepeda
anak umur 3 sampai 4 tahun untuk ukuran ban 12″, terdiri 2 roda tambahan untuk menjaga keseimbangan saat naik sepeda, 1 gigi dan rem coaster. Dan jika anak sudah mahir 2 roda bantu bisa di lepas.

Lalu ukuran ban 16 “ untuk anak yang berusia 4 sampai 6 tahun yang ukuran tingginya lebih dari 100-125 cm. Dan juga dilengkapi dengan rem tangan.

untuk anak umur 6 sampai 9 tahun yang kurang lebih memiliki tinggi tubuh 120 sampai 135 cm diberi sepedah dengan ukuran ban 20″, dilengkapi 6 gigi dengan kecepatan tunggal.

3. Tinggi sadel
Untuk memberikan kenyamanan pada anak, pastikan anak dalam menaiki sepeda bisa duduk di atas sadel dan kaki bisa menyentuh tanah, lalu tangan bisa dengan mudah memegang handle bar dan ketika mengayuh pedal lututnya tidak menyentuh head tub.

4. Rangka sepeda
Satu lagi bagian yang harus diperhatikan adalah bagian Rangka Sepeda. Rangka sepeda merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Selain harus kuat, sepeda pun harus memiliki rangka yang lurus dari depan sampai ke belakang. Anda bisa mengetahui kelurusan rangka dengan cara melihat dari arah ban depan (dalam posisi lurus) ke belakang, jika ban depan dan ban belakang tampak lurus maka dibilang sepeda itu layak dibeli.

5. Ukuran pelek sepeda
Bagian sepeda yang dapat dijadikan patokan pemilihan sepeda anak adalah ukuran pelek sepeda.
Berikut adalah tabel ukuran pelek sepeda dikaitkan dengan usia anak:
untuk usia anak 2 sampai dengan 4 tahun Ukuranya pelek 12 inci (30cm)
untuk usia anak 4 sampai dengan 7 tahun Ukuranya pelek 16 inci (40cm)
untuk usia anak 5 sampai dengan 8 tahun Ukuranya pelek 18 inci (45 cm)
untuk umur anak 8 sampai dengan 12 tahun Ukuranya pelek 20 inci (50 cm)
untuk umur lebih dari 12 tahun Ukuranya pelek 24 inci (60 cm) dan 26 inci (65 cm)

Baca Juga Untuk Kenyamanan Anak, Pilihlah Sepatu Yang Tepat

author
No Response

Leave a reply "Pilihlah Ukuran Sepeda Yang Cocok Untuk Anak Anda"