Susu Formula – Cara Memilih Susu Formula Yang Baik Untuk Anak

susu formula

Susu Formula – Anda sebagai seorang orang tua, sudah seharusnya memberikan yang  terbaik bagi bayi anda. Ibu merupakan orang yang paling berpengaruh dan paling dekat dengan anak. Setelah bayi lahir ke dunia ini, otomatis kewajiban orang tua, terlebih ibu untuk merawat sang bayi agar tumbuh dengan sehat dan baik.

Mutlak, ASI wajib hukumnya. Akan tetapi, terkadang masalah terjadi sehingga bayi tidak dapat mendapatkan ASI sebagai kebutuhan utamanya. Misalnya, karena sang ibunda meninggal sewaktu melahirkan, ada lagi karena ASI  / susu ibu tidak keluar dan lain-lainnya.

Untuk para ibu yang ingin membelikan susu formula untuk asupan tambahan sang bayi agar bisa tumbuh sehat dan cerdas, berikut ini adalah penjelasan tentang cara memilih susu formula yang baik untuk bayi.

  • Susu yang sesuai dengan kondisi anak dan tidak mengakibatkan reaksi yang mengganggu fungsi organ tubuhnya.
  • Harganya harus disesuaikan dengan ekonomi keluarga serta ketersediaan susu tersebut. Artinya, susu tersebut mudah dicari,  dan distribusinya berkelanjutan di pasaran.
  • Kandungan zat tambahan (AA, DHA, sinbiotik dan sebagainya), harga mahal, disukai bayi dan merek terkenal bukanlah pertimbangan pemilihan susu yang terbaik bagi anak.
  • Secara umum semua susu formula yang beredar secara resmi di suatu negara kandungan gizinya sama. Karena mengikuti standard RDA (Recommendation Dietary Allowance) dalam jumlah kalori, vitamin dan mineral harus sesuai dengan kebutuhan bayi dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal. Penggunaan apa pun merek susu sapi formula yang sesuai kondisi dan usia anak selama tidak menimbulkan gangguan fungsi tubuh adalah susu yang terbaik untuk anak tersebut.
  • Susu formula sebaiknya diminum bayi sampai usia 1 tahun. Namun konsultasikan ke dokter anak anda tentang kebutuhan susu yang sesuai dengan kondisi bayi anda. Susu skim tidak cocok bagi.
  • Jangan membeli susu formula yang sudah kadaluarsa/expired. Jika sudah lewat waktu pemakaian, tidak bisa dijamin apakah susu formula itu masih baik kualitasnya.

Semoga Informasi tentang cara memilih susu formula yang baik untuk anak di atas bermanfaat untuk para ibu yang ingin memilih susu formula.

 

No Response

Leave a reply "Susu Formula – Cara Memilih Susu Formula Yang Baik Untuk Anak"