Untuk Kenyamanan Anak, Pilihlah Sepatu Yang Tepat

Sepatu anak untuk kenyamanan anak, pilhlah sepatu yang tepatsepatu anak – Suka memakaikan sepatu pada anak? Jangan asal pilih hanya karena modelnya yang lucu. Perlu ibu catat, Pemakaian alas kaki yang tidak tepat pada masa balita dapat menghambat pertumbuhan alami kaki anak. Oleh karena itu katalog ibu akan membagi tips bagaimana memilih sepatu balita Anda.

Sepatu anak yang tidak tepat dapat memicu masalah pada otot dan tulang di masa mendatang. Kaki anak tumbuh dengan cepat, terutama pada usia di bawah 2 tahun. Oleh sebab itu sebaiknya ukur ulang kaki anak setiap 2-3 bulan.

Lalu bagaimana tips untuk memilih sepatu yang cocok untuk anak ibu? Simak tips nya di bawah ini

1. Lihat usia bayi
jika bayi ibu belum bisa berjalan, atau setidaknya tunggu sampai berusia 17 bulan, jangan membeli sepatu dengan sol yang keras atau kaku. Ketika bayi belajar berjalan, bayi membutuhkan alas kaki yang fleksibel untuk mengikuti bentuk kakinya saat melangkah. Sepatu dengan sol keras dan kaku akan membuatnya sulit berjalan sehingga proses belajar
berjalannya menjadi terhambat.

2. Bahan sepatu anak
Terbuat dari bahan yang lentur atau fleksibel sehingga dapat berubah mengikuti gerakan kaki bayi. Begitu juga dengan bagian dalam sepatu, pilih yang terbuat dari bahan yang lembut sehingga kulit kaki bayi tidak mengalami iritasi.

3. Sepatu yang fleksibel
Pastikan sepatu yang Anda pilih cukup fleksibel untuk pertumbuhan kaki si kecil. Tekuklah sepatu pada ujung jari dan tumitnya untuk mengecek fleksibilitasnya. Jika sepatu bisa menekuk di tengah dengan luwes, berarti inilah pilihan yang tepat.

4. Sepatu tanpa tali
Kalau bisa hindari sepatu yang bertali untuk anak yang masih kecil. Karena tali sepatu beresiko membuat anak terjatuh

5. Berat sepatu
Pilihlah sepatu yang ringan. Sebagus apapun modelnya, jangan memilih sepatu yang berat, apalagi jika anakmu sedang belajar berjalan. Sepatu yang terlalu berat akan memberikan beban pada kaki si kecil yang tentu saja akan membuatnya merasa nggak nyaman.

6. Sepatu ber “HAK” tinggi
Hindari sepatu dengan hak, meski tampilanya meggemaskan. Selain membuat anak sulit berjalan, pemakaian hak dapat menghambat perkembangan kakinya. Untuk anak-anak lebih baik pilih sepatu bertumit datar.

7. Sepatu warisan
Jangan “mewariskan” sepatu anak ke adiknya. Sepatu yang sudah dipakai lama akan terbentuk seperti pola kaki pemakainya. Selain itu, menggunakan sepatu bekas dapat menyebarkan kuman seperti jamur dan kutu air.

Baca Juga Anak Anda Demam? Ini Yang Harus Bunda Lakukan

author
No Response

Leave a reply "Untuk Kenyamanan Anak, Pilihlah Sepatu Yang Tepat"