Wajib Baca Aturan Memilih Perlengkapan Makan Anak Ini!

Perlengkapan Makan Anak, Aturan Memilih, Alat Makan Aman

Perlengkapan makan anak – Pemilihan perlengkapan makan anak dan bayi yang aman tentu menjadi salah satu faktor pendukung tumbuh kembang buah hati optimal. Bahan yang aman digunakan pada perlengkapan makan ini akan membantu menjaga agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan terhindar dari penyakit berbahaya saat ia besar nanti.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bahan perlengkapan makan aman untuk buah hati:

  • Bebas BPA

Apakah Anda familiar dengan istilah BPA? BPA merupakan singkatan dari Bisphenol A dan biasanya sering terdapat pada perlengkapan makan yang terbuat dari plastik dan resin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini dapat meresap ke dalam makanan melalui peralatan makan yang digunakan.

Masuknya BPA ke dalam tubuh anak secara terus-menerus dalam waktu lama akan sangat berpengaruh pada kesehatannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda unti

  • Bebas phthalates

Bahan phthalates mudah ditemui pada ragam wadah makanan yang ada di rumah maupun di toko. Perlengkapan makan anak dan bayi yang terbuat dari bahan jenis ini akan sangat mudah melepaskan kandungan berbahaya yang ada di dalamnya jika bersentuhan langsung dengan makanan berlemak seperti susu, mentega, dan daging.

Seorang anak pada umumnya akan lebih mudah menyerap zat phthalates sehingga sangat berbahaya bagi pencernaan dan organ tubuhnya. Pastikan perlengkapan makan anak murah bebas dari kandungan ini untuk menjaganya tetap sehat.

  • Bebas PVC

PVC merupakan singkatan dari polivinil klorida. Zat ini memiliki sifat yang hampir sama dengan phthalates, dan penggunaan bahan ini pada perlengkapan makan anak dan bayi juga akan menimbulkan gangguan pada kondisi hormonal buah hati. PVC juga seringkali digunakan pada mainan anak sehingga Anda harus berhati-hati ketika buah hati suka memasukkan mainan berbahan ini ke dalam mulutnya.

  • Ramah lingkungan

Jenis bahan paling aman untuk perlengkapan makan anak dan bayi tentunya adalah bahan-bahan yang terbuat secara alami. Perlengkapan makan berbahan alami memang tidak bertahan terlalu lama, tetapi sangat menjamin faktor kesehatan pemakainya. Anda dapat memilih perlengkapan makan anak terbaik yang terbuat dari bambu, keramik, atau kaca. Di luar negeri, bambu menjadi bahan yang paling diminati sebagai perlengkapan alat makan anak dan bayi.

  • Warna tidak luntur

Jika Anda ingin membeli perlengkapan makan anak terbaik yang berwarna menarik, pastikan bahwa warna-warna tersebut tidak dapat luntur baik saat terkena panas ataupun saat dicuci. Peralatan makan dengan warna yang luntur akan sangat berbahaya jika meresap ke dalam makanan dan tertelan oleh buah hati. Anda juga dapat memilih bahan perlengkapan makan yang terbuat dari pewarna alami sehingga tetap aman ketika digunakan.

Perhatian orang tua pada pemilihan perlengkapan makan anak dan bayi yang aman, kesehatan dan ketahanan tubuh buah hati dapat membantu melindunginya dari berbagai bahaya. Si Kecil tidak akan mudah sakit dan bisa beraktivitas dengan ceria setiap hari berkat asupan gizi yang sehat penuh nutrisi.

author
No Response

Leave a reply "Wajib Baca Aturan Memilih Perlengkapan Makan Anak Ini!"