3 Jenis Gendongan Bayi Serta Kekurangan dan Kelebihannya

3 Jenis Gendongan Bayi Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Gendongan bayi – Ketika Anda akan mengajak bayi berpergian atau sekedar berjalan – jalan di taman pastinya Anda akan merasa lelah jika tidak menggunakan alat bantu yaitu gendongan. Dengan menggunakan gendongan bayi akan membuat Anda lebih nyaman ketika berjalan – jalan dengan bayi.

Pada jaman sekarang kita dapat menemui berbagai macam model gendongan bayi berbeda dengan jaman dulu yang hanya berupa gendongan tradisional yang terbuat dari kain jarik ataupun selendang batik. Setiap gendongan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing yang harus Anda perhatikan agar keamanan bayi terjamin.

Jenis – jenis gendongan bayi

1. Jenis gendongan depan

Model gendongan bayi yang seperti ini cukup favorit belakangan ini. Pada model ini bayi akan ditopang pada bagian depan dengan posisi bayi seperti duduk. Dengan gendongan ini bayi bisa menghadap ke depan atau pun menghadap ke dalam berhadapan dengan menggendongnya.

Kelebihan jenis gendongan depan: Pada gendongan ini terdapat dua tali pada bahu untuk menahan beban. Kelebihan gendongan ini, tangan Anda dapat bergerak bebas dan punggung tidak berat sebelah karena beban berada di kedua bahu. Gendongan ini cukup nyaman karena bayi akan terdekap dengan erat di depan badan bunda. Bila si kecil memiliki bobot yang cukup berat, gendongan ini bisa digunakan di punggung dan bisa memudahkan beraktivitas.

Kekurangan jenis gendongan depan: Gendongan ini kurang cocok untuk bayi yang baru lahir karena posisinya kurang pas. Anda dapat memilih model gendongan ini ketika bayi sudah berusia 5-6 bulan atau saat leher bayi sudah mulai kuat. Satu lagi, kekurangan gendongan ini yaitu tidak memudahkan bunda yang sedang menyusui.

2. Jenis gendongan samping
Gendongan jenis ini dulu biasa digunakan oleh ibu-ibu dengan menggunakan kain tradisional lainnya. Saat ini gendongan model selempang atau samping ini sudah dijual dalam bentuk jadi yang bisa langsung digunakan.

Kelebihan jenis gendongan samping: Tali penopang pada gendongan jenis ini bisa disesuaikan panjang pendeknya sesuai dengan kenyamanan. Model ini juga cocok untuk ibu yang masih memberikan ASI karena posisi si keci yang memudahkan untuk menyusui.

Kekurangan jenis gendongan samping: Model gendongan bayi ini hanya bertumpu pada satu bahu. Biasanya akan terasa tidak nyaman bila bayi telah bertambah berat badannya hingga 5 – 6 kg. Tipsnya adalah jangan lupa selang-seling gunakan bahu saat menggendong agar bahu tidak nyeri sebelah.

3. Jenis gendongan Ring Slings

Model ini sedikit hampir mirip dengan model gendongan selempang. Model Ring Sling merupakan kain selendang yang terdapat 2 buah lingkaran atau ring dari bahan plastik bisa juga berbahan besi yang menempel di salah satu ujungnya. Kedua lingkaran itu menggantikan fungsi simpul untuk mengikat gendongan seperti yang biasa digunakan pada gendongan kain tradisional.

Kelebihan: Ring Sling dilengkapi dengan bantalan padding di posisi bahu atau di sepanjang gendongan. Ada juga tipe yang agak berbeda dengan tipe tradisional, di mana ujung kainnya dilipat dan dijahit sedemikian rupa sehingga membentuk tali.

Kekurangan : Sama seperti model selempang, yang hanya bertumpu pada satu bahu.

Itulah jenis – jenis gendongan bayi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membelinya Anda harus memberhatikan kriteria gendongan bayi yang baik berikut ini :

  • Sesuai usia
    Sesuaikan usia bayi Anda dengan gendongan yang akan di pilih. Karena gendongan untuk bayi yang baru lahir belum tentu nyaman untuk bayi yang sudah besar.
  • Nyaman untuk bayi
    Berdasarkan penelitian, ternyata gendongan bayi posisi tegak yang membuat kaki si kecil terbuka lebar termasuk yang baik untuk bayi. Walaupun posisi bayi yang ngengkang ini nampaknya mengkhawatirkan bagi Anda, tapi sebenarnya para ahli meyakini bahwa ini adalah posisi yang baik untuk perkembangan tulang pinggul bayi Anda. Gendongan pun sebaiknya membuat bayi rapat dengan tubuh Anda dan untuk bayi yang baru lahir, pastikan gendongan yang Anda pilih betul-betul menopang bagian tulang belakangnya dengan baik
  • Nyaman untuk bunda
    Jelas Anda pasti ingin gendongan bayi yang nyaman untuk Anda pakai. Untuk itu, pertama-tama hendaknya Anda memilih gendongan yang bisa mengangkat bayi Anda cukup tinggi dan rapat dengan tubuh Anda. Gendongan yang menggantung terlalu jauh di bawah akan sangat tidak nyaman. Selain itu, pilih juga gendongan dengan tali yang lebar yang dapat mendistribusikan berat si kecil lebih merata, agar bahu dan punggung Anda tidak sakit dibuatnya.

Itulah beberapa jenis gendongan bayi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan bisa dilihat dari kekurangan dan kelebihan dari masing Рmasing jenis gendongan. Baca juga : Hal Wajib Diperhatikan Ketika Memilih Baju Anak Perempuan!

author
No Response

Leave a reply "3 Jenis Gendongan Bayi Serta Kekurangan dan Kelebihannya"