6 Point Memilih Botol Susu Steril dan Higienis

No comment 7044 views

6 Point Memilih Botol Susu Steril dan Higienis

Botol Susu – Dalam memilih botol susu bayi steril dan higienis, Anda tentunya harus ekstra hati-hati. Merk terkenal bukan menjadi jaminan. Lebih baik Anda pastikan kandungan yang ada dalam botol susu tersebut benar-benar aman untuk bayi Anda.

Untuk pemilihan botol susu bayi http://www.bilna.com/blog/memilih-botol-susu/ ini termasuk dalam tips cara memilih dot susu bayi memang tidak ada ketentuan yang pasti dalam dunia kesehatan, pada umumnya akan disesuaikan dengan kesukaan masing-masing saja.

Hanya saja tentu kebersihan dan segi keamanan botol susu tetap harus menjadi prioritas ketika akan memilihkan aneka ragam jenis botol-botol susu yang banyak beredar di pasaran dengan segala merk dan bentuknya. Hal ini juga penting diketahui ketika produksi ASI Ibu banyak pula.

Berikut ini adalah cara memilih botol susu yang tepat dan aman untuk bayi:

  • Menurut bahan dasarnya. Botol susu bayi ada yang berbahan dasar kaca dan ada yang berbahan dasar plastik. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan botol dari kaca adalah mudah dibersihkan dan tahan terhadap panas sehingga tidak melarutkan zat kimia berbahaya. Sedangkan kekurangannya adalah bisa retak bahkan pecah jika terjatuh. Kelebihan botol dari plastik adalah tidak mudah pecah atau retak, sedangkan kekurangannya tidak tahan panas dan bisa melarutkan zat kimia berbahaya.
  • Sekarang ini botol susu berbahan dasar plastik banyak yang dibuat dari plastik berkualitas tinggi. Sehingga lebih tahan terhadap suhu panas dan tidak melarutkan zat kimia berbahaya. Botol susu yang terbuat dari plastik berkualitas tinggi ini aman bagi bayi. Cara mengetahui botol susu yang aman tersebut bisa dilihat dari kode-kode tertentu yang tertera di bagian bawah kemasan botol.
  • Botol susu dari plastik yang aman adalah yang memiliki kode segitiga dengan mencantumkan huruf HDPE (high density polyethylene), atau LDPE (low density polyethylene), atau PP (polypropylene). Hindari kode-kode lain seperti PVC, PS, PET karena tidak tahan panas, berbahaya dan karenanya tidak direkomendasikan.
  • Sebaiknya memilih botol susu yang polos bukan yang dihiasi dengan gambar, hindari juga botol dengan banyak asesoris.
  • Pilih botol susu dengan regulator. Model botol susu bayi sekarang sudah jauh berkembang dan lebih nyaman digunakan, misalnya dengan memakai regulator sehingga bayi tidak mudah tersedak.
  • Pilihlah botol menurut rekomendasi usia. Memilih botol susu sebaiknya mengikuti rekomendasi usia dari pembuatnya, karena lebih memudahkan dalam penggunaannya.
author
No Response

Leave a reply "6 Point Memilih Botol Susu Steril dan Higienis"