Moms, Lebih Hati-Hati Memilih Sabun Bayi Yuk!

Sabun Bayi Aman

Sabun bayi – Sabun bayi merupakan jenis perlengkapan bayi yang paling banyak digunakan untuk membantu Bunda membersihkan tubuh anak secara sempurna. Adanya penggunanan sabun bayi ini dinilai penting dan sangat efektf untuk menjaga agar tubuh anak tetap steril setelah berkeringat seharian. Perhatian serius Bunda pada pemilihan sabun bayi aman juga akan menjadikan buah hati lebih nyaman saat mandi.

Ya, sabun bayi memang merupakan produk perlengkapan buah hati yang paling mudah untuk ditemui di pasaran. Terkadang orang tua tampak begitu tertarik untuk membeli produk ini hanya dengan mencium aroma yang ada. Jarang sekali para orang tua memberikan perhatian serius pada kandungan bahan yang tedapat dalam produk sabun bayi aman.

Tak heran jika beberapa buah hati justru mendapatkan masalah kulit iritasi seperti ruam-ruam merah dan gatal pada bagian tertentu disebabkan alergi dengan komposisi sabun bayi yang digunakan. Apa saja sih bahan sabun bayi yang patut Bunda hindari dalam membeli? Yuk, simak tips berikut ini:

1. Paraben

Paraben merupakan sejenis bahan pengawet sintetis yang sering dimasukkan pada beberapa benda kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, kosmetik, deodorant, pelembab, sampo, termasuk juga pada perlengkapan anak seperti sabun mandi bayi.

Ketika paraben dalam sabun bayi ini masuk ke dalam tubuh, zat kimia satu ini akan meniru cara kerja hormon lainnya sehingga menyulitkan sistem endokrin untuk berfungsi secara sempurna. Padahal sistem endokrin ini sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia, termasuk bayi Bunda.

2. PEG-40

PEG-40 merupakan sebuah zat kimia yang berasal dari turunan minyak jarak atau castor oil yang biasanya digunakan sebagai bahan pembersih. Menurut tinjauan ahli bahan kosmetik, PEG-40 castor ini dapat memicu respon sistem kekebalan tubuh beruapa gatal, terbakar, kulit berisik, serta peradangan kulit.

Bahkan penggunaan sabun bayi ini untuk wajah yang juga mengandung bahan lain seperti karsinogen Oksida Etilen dan 1,4- Dioxane akan sangat berpotensi untuk merangsang munculnya sel kanker dalam tubuh.

Nah, adanya informasi ini dapat menjadikan Bunda lebih hati-hati dan waspada lagi dalam memilih jenis sabun bayi tertentu untuk buah hati. Selain itu, anggapan bahwa sabun bayi untuk wajah adalah produk yang pasti aman juga dapat dicek dengan memastikan bahwa produk tersebut bebas dari dua jenis zat berbahaya ini.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Lebih Hati-Hati Memilih Sabun Bayi Yuk!"