Perlukah Pemakaian Gurita Untuk si Kecil?

No comment 36916 views

gurita bayi

Pagi Ibu Cerdas! Bagaimana kabar si Kecil pagi ini? Bagi ibu-ibu muda yang baru melahirkan, mungkin bingung dengan perawatan bayi. Nah, nenek atau kakek si Kecil pasti memberikan saran untuk memakaikan gurita pada si Kecil.  Alasannya tidak lain agar perut si Kecil terlihat ramping dan tidak memiliki pusar yang bodong.

Pemakaian gurita memang bukanlah suatu hal baru. Secara turun temurun nenek moyang Ibu pasti menyarankan hal yang sama untuk perawatan bayi. Bahkan, waktu Ibu masih kecil pasti mengenakan gurita. Namun, apakah pemakaian gurita dalam masa perawatan si Kecil yang baru lahir tidak berbahaya?

Pemakaian gurita tidak dianjurkan oleh dunia medis untuk perawatan bayi. Apabila alasan nenek atau kakek kita untuk membantu merampingkan perut si kecil,  berarti gurita juga bisa mengecilkan perut orang dewasa yang buncit. Selain itu, tubuh si Kecil belum sempurna dan masih terlalu rentan untuk terkena hal-hal yang terlalu ketat. Bagaimana dengan si Kecil di rumah, Bu?

Perawatan bayi memang bukanlah perkara mudah. Nah, berhubungan dengan tubuh si Kecil yang belum sempurna, pemakaian gurita justru bisa menjadi penghambat tumbuh kembang si Kecil. Pemakaian gurita yang terlalu ketat akan mengganggu organ si Kecil terutama sistem pernapasan. Si Kecil akan mengalami kesulitan bernapas saat memakai gurita, karena si Kecil dominan menggunakan pernapasan perut. Selain itu, juga menghambat perkembangan paru-paru si Kecil.

Yah, perawatan bayi harus ekstra hati-hati, cermat, dan tidak perlu panik. Dinding perut si Kecil memang belum kuat dan sangat lentur. Terkadang perut si Kecil tampak lebih besar. Seiring dengan pertumbuhan dan gerak si Kecil semakin aktif, otot-otot si Kecil akan semakin kencang. Apabila si Kecil mulai merangkak dan berjalan secara alami, kondisi perut si Kecil akan lebih kencang seiring dengan gerakan dan aktivitasnya.

Tips Membedong

Sebentar
Tidak perlu sepanjang hari bayi membedong bayi. Lakukan sebentar saja terutama ketika bayi sedang tidur agar ia nyaman.

Longgar
Yang terpenting untuk diperhatikan adalah tidak memakaikan bedong terlalu ketat, karena dapat mengganggu penapasan dan peredaran darah bayi. Perhatikan kenyamanan untuk bayi dan pakaikan bedong dengan longgar saja.

Waktu membedong
Bedong sebaiknya digunakan maksimal sampai bayi berusia 3 bulan, karena pada usia tersebut bayi sudah mulai aktif bergerak. Pemakaian bedong pada bayi yang sudah aktif dapat membatasi gerakannya.

Kain
Pilih kain yang terbuat dari bahan yang lembut, dan berhubung kita tinggal di daerah tropis gunakan kain yang tipis saja agar bayi tidak kepanasan.

Penggunaan gurita justru akan menekan lambung si Kecil. Seandainya Ibu masih tetap ingin menggunakan gurita pada si Kecil, sebaiknya ikatan gurita harus longgar. Ikatan yang terlalu ketat justru akan menekan lambung si Kecil, sehingga ia merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, penggunaan gurita untuk perawatan bayi perlahan mulai ditinggalkan.

Nah, jika Ibu khawatir perut si Kecil kembung apabila tidak mengenakan gurita, ibu tidak perlu panik. Kenakan baju hangat yang cocok untuk si Kecil, sehingga ia juga nyaman dalam segala aktivitasnya. Jika si Kecil nyaman, Ibu cerdas pun menjadi nyaman dalam memberikan perawatan bayi.

author
No Response

Leave a reply "Perlukah Pemakaian Gurita Untuk si Kecil?"