Teliti Memilih Bedak Bayi yang Tepat!

No comment 3452 views

bedak bayi

Para orang tua sangat menyukai menaburi si Kecil dengan bedak bayi ketika selesai mandi dengan tujuan badan sang buah hati menjadi harum, wangi, dan segar. Padahal memilih bedak bayi itu tidak boleh sembarangan, lho! Banyak orang tua yang mengabaikan dan tetap memakaikan bedak bayi secara sembarangan tanpa melihat komposisi dari bedak tersebut. Selain itu, mereka menaburkan bedak bayi tepat di depan si Kecil. Awas! Itu berbahaya! Lantas, bagaimana kah memilih dan membedaki bayi yang benar? Yuk, kita simak informasi berikut:

  • Jangan memiliki kandungan talc

Mengapa kandungan ini harus dihindari dari komposisi bedak bayi untuk si Kecil? Talc merupakan bahan yang didapat dari batu mineral, seperti  zinc stearate, magnesium silicates yang digiling menjadi butiran halus dan disinyalir dapat menyebabkan radang paru-paru, lho! Oh, Anda tidak mau, kan kesehatan si Kecil menjadi buruk karena kurang teliti pada saat melihat komposisi bedak pada kemasan?

Para peneliti juga sepakat mewanti-wanti untuk tidak menggunakan komposisi ini untuk bedak bayi si Kecil. Meskipun tergolong aman bagi kulit si Kecil, namun bahan-bahan yang telah digiling tersebut berukuran sangat kecil sehingga mudah terbawa udara seperti debu yang bisa masuk ke dalam paru-paru sang buah hati. Akibatnya, butiran tersebut bisa berakibat fatal bagi paru-paru mereka serta dapat menyebabkan si Kecil terserang pneumonia atau bahkan kanker paru-paru.

  • Hindari bedak wangi

Ini juga yang sering para orang tua beli untuk sang buah hati dengan harapan si Kecil berbau wangi setelah ditaburi bedak bayi ini. Padahal menggunakan bedak bayi yang mengandung wangi-wangi, di dalamnya telah terkandung zat-zat kimia yang bisa berbahaya untuk kulit si Kecil, lho! Jadi mulai sekarang, coretlah list bedak bayi wangi dari daftar belanja si Kecil dan gantilah dengan bedak bayi yang beraroma original. Anda mau, kan si Kecil terhindari dari bahaya zat-zat tersebut?

  • Jangan menepuk-nepuk di depannya

Maunya, sih praktis menepuk-nempuk bedak si bayi dari tangan di depan wajah si Kecil dan langsung mengusapnya. Namun ternyata cara tersebut salah besar, lho! Ketika Anda menepukkan bedak tepat di depan wajah si Kecil, butiran halus dari bedak bayi akan terhirup langsung ke hidung sang buah hati dan masuk ke saluran pernafasan. Terhirupnya butiran ini sangat berbahaya, lho karena butiran tersebut bisa mengakibatkan si Kecil menjadi terbatuk-batuk dan menangis.

  • Gunakan bedak bayi cair

Mungkin ini masih belum terlalu lazim di dengar oleh telinga para orang tua di Indonesia. Padahal para ibu di luar negeri berlomba-lomba memakaikan buah hatinya dengan produk ini. Penggunaan bedak bayi cair dirasa cukup aman karena tidak akan membuat butiran-butiran halus yang ditimbulkan dari bedak bayi tabur sehingga membuat jalan nafas si Kecil terganggu. Bedak bayi cair sangat praktis karena selain membuat kulit si Kecil menjadi dingin dan sangat aman untuk digunakan.

Itulah tips-tips yang harus Anda perhatikan ketika memilih dan menggunakan bedak bayi untuk si Kecil. Sekali lagi, pilihlah dengan bijak, ya agar kesehatan sang buah hati tetap terjaga! 🙂

author
No Response

Leave a reply "Teliti Memilih Bedak Bayi yang Tepat!"