Tepat Memilih Perlengkapan Tidur Bayi

No comment 2520 views

Tepat Memilih Perlengkapan Tidur Bayi

Tempat tidur dan perlengkapan tidur – Waktu tidur bayi memegang faktor penting dalam pertumbuhannya, bila jatah jam tidur bayi kurang atau terganggu bayi dapat terkena berbagai jenis penyakit. Selain itu, bayi yang selalu tidur nyenyak juga akan memberikan waktu istirahat yang lebih banyak bagi orang tuanya.

Agar bayi dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman, perlengkapan tidur bayi harus dipersiapkan dengan matang. Perlengkapan tidur bayi seperti kasur,bantal, selimut dan lainnya haruslah memberikan kenyamanan dan aman bagi bayi. Berikut ini tipsĀ  yang dapat Anda gunakan sebelum membeli perlengkapan tidur bayi:

  • Memilih boks bayi

Bila ingin memakai boks bayi, pastikan tingkat keamanannya. Jangan memilih boks yang dapat dibuka dari bagian samping. Boks bayi model ini telah dilarang di Amerika karena banyak menyebabkan kecelakaan yang berujung pada kematian bayi. Pastikan kelak bayi tidak mudah untuk membuka sendiri pagar tempat tidur. Oleh karena itu, pastikan untuk membuka pagar tempat tidur bayi memerlukan tenaga. Perhatikan jarak antara celah antara pagar dengan matras tidak lebih dari 6 cm, hal ini untuk mencegah organ tubuh bayi Anda terjepit diantara celah tersebut.

  • Posisi matras dapat diatur

Pilihlah tempat tidur Yang posisi matras dapat diatur. Hal ini diperlukan untuk keamanan bayi apabila bayi kelak dapat berdiri sendiri. Apabila bayi dapat berdiri sendiri dengan memegang sisi-sisi tempat tidur, maka tingkat matras sebaiknya dipindahkan yang paling bawah. Hal ini untuk mencegah bayi dapat keluar dari tempat tidur dengan sendirinya tanpa pengawasan orang tua. Posisi matras paling atas diperlukan ketika bayi masih belum berdiri sendiri untuk memudahkan Ibu setiap mengambil bayi dari ranjang.

  • Kasur bayi

Dalam memilih kasur bayi, pastikan pilihan Anda akan tahan lama dan tahan air. Saat ini sudah banyak tersedia kasur bayi dengan kualitas baik dan tahan air. Selain itu jangan memilih matras yang terlalu empuk, karena hal ini dapat mempengaruhi tulang belakang bayi. Sesuaikan ukuran matras atau kasur dengan tempat tidur bayi Anda agar tidak ada celah antara pinggir tempat tidur bayi dengan matras.

  • Kelambu

Pilihlah kelambu yang panjangnya melebihi tempat tidur bayi dan jepitlah bagian bawah kelambu. Usahakan kelambu selalu tergantung di sisi boks atau tempat tidur bayi, caranya dengan menjepit kelambu ke bagian bawah boks atau tempat tidur untuk menghindari nyamuk masuk ke dalam boks bayi Anda.

  • Selimut dan seprei

Gunakan bahan selimut dan seprei berbahan katun yang lembut, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Juga bagus apabila katun tersebut dapat menyerap keringat bayi. Agar bayi Anda merasa nyaman selama tidur.

Itulah beberapa tips tentang cara tepat memilih perlengkapan tidur bayi. Semoga setelah mengetahui informasi di atas, Anda tidak kesulitan lagi saat mencari perlengkapan tidur bayi yang aman dan nyaman.

No Response

Leave a reply "Tepat Memilih Perlengkapan Tidur Bayi"