7 Tips Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

No comment 13460 views

Membersihkan Botol Susu, Botol Susu Bayi, Tips dan Trik

Peralatan makan anak dan bayi –¬†Kebersihan perlengkapan makan anak dan bayi tentu menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap ibu, apalagi jika itu adalah botol susu. Mengetahui cara membersihkan botol susu bayi dari kuman dan bakteri dapat membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh si Kecil sehingga ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah, berikut ini adalah tips cara membersihkan botol susu bayi terbaik supaya saat minum susunya lebih menyenangkan dan menyehatkan:

1. Membersihkan Bak Cuci

Sebelum mencuci semua perlengkapan makan anak dan bayi ini, pastikan untuk membersihkan bagian dalam dan permukaan luar bak cuci terlebih dahulu. Cara membersihkan botol susu ini sangat berguna untuk membasmi berbagai macam kuman dan bakteri serta mencegahnya menempel pada botol susu setelah dicuci.

Tuangkan sabun cuci ke dalam bak cuci dan sikat semua bagiannya dengan bersih. Selanjutnya, siramkan larutan air panas dan sabun cuci khusus ke dalam bak untuk menyempurnakan proses sterilisasi.

2. Melepaskan Semua Komponen Botol

Membersihkan botol susu BPA free untuk bayi dapat dimulai dengan memisahkan masing-masing bagian, seperti tabung susu, cincin botol, dan dot. Cara membersihkan botol susus bayi selanjutnya adalah dengan mencuci bagian tersebut secara cermat dan terpisah. Pastikan semua komponen tersebut terkumpul di tempat yang berdekatan agar tidak terselip.

3. Menuangkan Air Panas

Selain mensterilkan bak cuci, tips cara membersihkan botol susu bayi selanjutnya adalah dengan menuangkan air panas ini ke dalam botol bayi untuk membersihkannya.

Air panas akan sangat membantu melarutkan susu yang mengendap di dalam botol serta membunuh kuman dan bakteri di dalamnya. Anda juga boleh menuangkan air panas ke peralatan makan seperti sendok dan piring bayi supaya lebih higienis.

4. Menyikat Botol

Hal penting yang harus Anda persiapkan untuk mencuci botol susu adalah dengan menggunkan sikat penggosok yang dilengkapi tangkai besi berukuran panjang. Alat ini akan sangat membantu aktivitas mencuci botol susu si Kecil. Masukkan sikat ke dalam botol dan gosoklah setiap permukaan dalam botol dan ujung-ujungnya dengan saksama.

5. Menyikat Dot

Tips cara membersihkan botol susu bayi murah selanjutnya adalah dengan mencuci dot bayi guna mendapatkan kebersihan maksimal saat digunakan. Sikatlah dot ini untuk membersihkan setiap lekukan dan bagian luar permukaan dot yang sering menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Dot yang bersih akan membuat bayi Anda juga nyaman pada saat menggunakannya.

6. Menuangkan Sabun Khusus
Setelah selesai menyikat semua perlatan makan anak dan bayi, cara membersihkan botol susu bayi terakhir yang perlu dilakukan adalah menggunakan sabun cair khusus yang aman digunakan mencuci alat makan ini.

Cairan sabun khusus ini harus mengandung bahan yang ramah lingkungan dan serta memiliki sifat tak beracun. Hindari pemilihan sabun colek untuk mencuci peralatan makan bayi dan anak karena hal ini dapat meninggalkan bekas sabun colek pada bagian dalam botol susu.

7. Bilas di Bawah Air Mengalir

Setelah dibersihkan dengan sabun, kini saatnya membersihkan kotoran dan sabun tersebut di bawah air mengalir. Mengapa harus menggunakan air mengalir? Ini akan lebih efektif dalam membersihkan semua peralatan botol dan dot bayi dan memastikan air sabun juga sudah terbilas bersih. Setelah itu keringkan.

Cara Memilih Alat Sterilisasi Botol Susu Bayi

Sesuaikan metode dan jenis sterilizer botol susu bayi dengan kebutuhan dan kesibukan Anda. Apabila Anda memiliki cukup banyak waktu luang dan memilih metode yang tidak memerlukan dana khusus, maka metode sterilisasi merebus merupakan pilihan yang tepat. Sebaliknya, kalau Anda memiliki keterbatasan waktu, penguap elektronik atau penguap microwave merupakan pilihan yang lebih cocok karena kecepatannya. Metode sterilisasi dingin juga sama baiknya, tetapi kebanyakan orang tua lebih memilih metode alami dan menghindari penggunaan cairan atau tablet sterilisasi.

Baca juga : Ragam Cara Mensterilkan Peralatan Makan Bayi

Dengan informasi dan tips cara membersihkan botol susu bayi, Anda dapat mensterilkan perlengkapan makan anak dan bayi secara maksimal. Hal ini akan sangat membantu menjaga daya tahan tubuh anak terhadap berbagai risiko penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang di peralatan makannya.

author
No Response

Leave a reply "7 Tips Cara Membersihkan Botol Susu Bayi"