Tips Menggunakan Termometer Pada Bayi Anda

No comment 2478 views

Tips Menggunakan Termometer Pada Bayi Anda

Termometer – Betapa takutnya orangtua saat mengetahui bayinya menderita demam. Ada baiknya segera memeriksakan suhu anak menggunakan termometer, untuk mengetahu apakah demam itu membahayakan atau tidak.

Demam terjadi saat sistem pertahanan tubuh tengah berjuang melawan virus penyakit. Jika anak anda di atas satu tahun, perbanyaklah konsumsi cairan, tidur yang cukup, jika tidak terlalu panas, biarkanlah dia tetap bermain.

Lepas dari itu semua, berbagai jenis termometer saat ini yang tersedia di pasaran membingungkan orangtua. Mana yang terbaik bagi bayi dan anak? Selain itu, bagaimana cara yang paling tepat dalam menggunakan termometer?

  • Memakai termometer air raksa

Pastikan Anda sangat berhati-hati. Gerakan mendadak dari bayi dapat membuat termometer pecah dan menimbulkan bahaya. Termometer dimasukkan melalui lubang pantat (anus) selama paling sedikit 3 menit. Jangan lupa untuk mengibas-kibaskan dulu termometer tersebut sebelum pemakaian agar air raksa yang sudah naik dapat turun kembali.

Pada bayi dan balita untuk pengukuran terbaik, letakanlah termometer pada ketiak. Ujung termometer ditaruh di pertengahan ketiak lalu gunakan satu tangan untuk memegang serta tangan yang gunakan untuk menahan lengan bayi supaya tidak terbuka. Tiga hingga empat menit tahan termometer.

Untuk mendapat hasil yang optimal, baringkan bayi dalam posisi telungkup di atas alas yang lembut. Pisahkan kedua pantat bayi dengan jari kita lalu masukkan termomoter (yang telah diberi pelicin) sedalam ? 1 inci. Sesudah itu Anda tinggal menunggu selama 3 menit sambil menjaga secara hati-hati agar termometer tidak sampai pecah.

  • Mengunakan termometer digital

menggunakan sensor panas elektronik yang mencatat suhu tubuh jika diletakkan di mulut, ketiak, atau anus. Ada juga termometer telinga, atau termometer tympanic, yang menggunakan sinar infra merah untuk mengukur suhu tubuh melalui lubang telinga. Termometer lainnya adalah termometer digital jenis dot dan termometer arteri, yang digunakan di kening.

Jika anda mencari termometer yang dapat digunakan seluruh keluarga, termometer digital biasa dapat memenuhi kebutuhan anda. Tapi ingat, jika anda mengukur suhu lewat anus, tandai termometer tersebut. Ada baiknya anda membeli dua termometer digital, satu untuk anus dan satu untuk bagian tubuh lainnya.

author
No Response

Leave a reply "Tips Menggunakan Termometer Pada Bayi Anda"