Topi: Aksesoris Bayi Yang Harus Anda Miliki

No comment 3713 views

aksesoris bayiMemilih aksesoris bayi adalah kegiatan yang menyenangkan. Meskipun kelihatan sepele, memilih aksesoris bayi dengan ukuran mini ini membutuhkan panduan tertentu. Topi, misalnya, aksesoris bayi ini bukan hanya  sekedar hiasan, namun juga pelindung bagi si kecil. Topi bayi berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari dan dinginnya udara.

Membeli aksesoris bayi satu ini sepenuhnya bergantung pada ukuran. Selanjutnya, jenis kelamin bayi juga menjadi patokan. Topi bayi untuk musim hujan dan musim panas pun berbeda. Jadi, pastikan Anda memikirkan dulu tiga hal ini sebelum mulai berburu aksesoris bayi berbagai model ini. Simak beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli topi bayi:

1. Fungsi topi bayi

Sekali lagi, topi bukan hanya aksesoris bayi. Bayi baru saja meninggalkan lingkungan hangat di rahim ibunya menuju dunia luar yang terus berubah-ubah suhu dan temperaturnya. Memakaikan topi pada si kecil akan membantunya beradaptasi dengan dunia baru.

Mengenakan topi pada bayi Anda juga membantunya menghemat energi untuk beradaptasi. Dengan suhu yang mirip suhu rahim ibu, energi si kecil akan fokus digunakan untuk pertumbuhannya yang pesat selama masa awal kelahiran. (Baca juga: Pilihkan Benang Topi Anak Rajut yang Tepat untuknya)

Anda juga harus tahu bahwa proses tumbuhnya kanker kulit bisa bermula dari kulit si kecil yang terpapar sinar matahari. Kulit yang masih sensitif ini tidak akan tahan dengan beragam produk kulit anti-UV. Selanjutnya, si kecil juga akan merasa lebih hangat dengan topi tebal di kepalanya yang masih jarang ditumbuhi rambut.

2. Ukuran topi bayi

Beberapa aksesoris bayi seperti topi atau baju bayi ditentukan berdasarkan umurnya. Ini artinya bayi yang baru lahir bisa mengenakan topi dengan label 0-3 bulan. Beberapa topi bayi menggunakan ukuran One Size jika topi ini elastis. Ada beberapa topi yang menggunakan label small, medium, dan large. Ukuran mungkin bisa saja beragam, namun data di bawah ini bisa dijadikan patokan:

Usia

Ukuran lingkar kepala

Berat

0 to 3 bulan

16 1/2 inchi (40 cm)

3-5 kg

3 to 6 bulan

17 1/4 inchi (43 cm)

5-7 kg

6 to 18 bulan

19 inchi (48 cm)

7-12 kg

18 to 36 bulan

20 inchi lebih (50 cm)

12 kg lebih

3. Topi bayi perempuan dan laki-laki

Meskipun beberapa topi dan aksesoris bayi dibedakan berdasarkan lelaki dan perempuan, ada beberapa topi bayi yang bisa dipakai bayi lelaki ataupun perempuan. Lagipula tidak ada peraturan yang mengatakan bayi perempuan dilarang memakai topi lelaki, atau sebaliknya. Biasanya topi laki-laki dan perempuan ini dibedakan berdasarkan warna untuk memudahkan orang asing mengenali jenis kelamin bayi. Topi biru untuk bayi laki-laki, dan topi pink untuk perempuan.

Topi bayi sama pentingnya dengan aksesoris bayi yang lain. Tiap bayi setidaknya harus memiliki satu topi bayi untuk melindunginya dari sinar matahari dan cuaca dingin. Selamat memilih topi bayi yang lucu Bunda! (Lihat juga: Anak Tampil Imut Memikat, Pakai Baju Korea!)

author
No Response

Leave a reply "Topi: Aksesoris Bayi Yang Harus Anda Miliki"