4 Tips Menata Dapur dengan Mudah dan Tertata

No comment 3125 views

Tips Menata Dapur

Tips Menata Dapur – Memasak adalah rutinitas sehari-hari yang sering dilakukan oleh para ibu untuk menyediakan santapan lezat dan bernutrisi. Tentunya kegiatan ini dapat berjalan lancar jika didukung dengan pemilihan alat masak pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, alat masak yang nyaman dan serbaguna saja tak cukup untuk membuat Anda betah berlama-lama berada di dapur. Suasana dapur yang rapi dan bersih dengan penataan alat masak yang pas sesuai tempatnya adalah faktor lain yang memengaruhi suasana hati Anda saat memasak. Nah, berikut adalah tips menata dapur agar lebih rapi dan menyenangkan:

  • Memilih Alat Masak Berdasarkan Fungsinya

Jika dapur di rumah memiliki kapasitas penyimpanan alat masak yang kecil, Anda dapat membeli peralatan masak yang multifungsi, misalnya saja blender. Alat masak ini dapat digunakan untuk menghaluskan bahan makanan apa saja, mulai dari melembutkan buah untuk jus, menghaluskan bumbu, bahkan menghaluskan biji-bijian seperti kopi sehingga Anda tidak perlu menyimpan alat penghalus lain yang menghabiskan tempat.

Selain itu, agar sesuai dengan tips dalam menata dapur, usahakan Anda tidak membeli alat masak baru yang mempunyai fungsi sama persis dengan alat masak lama yang sudah ada di dapur. Sebagai contohnya, Anda tidak perlu berbelanja alat pemotong bahan makanan lainnya apabila di dapur masih ada beragam jenis pisau yang masih dapat berfungsi dengan baik.

  • Mengelompokkan Alat Masak Berdasarkan Frekuensi Pemakaian

Tips berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam mengatur perlengkapan dapur adalah meletakkan peralatan masak yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Misalnya saja, letakkan alat masak seperti panci atau wajan yang sering dipakai di bawah laci dapur dengan susunan sesuai frekuensi pemakaian.

Penataan posisi alat masak yang tidak tepat dapat menghabiskan waktu Anda untuk menyingkirkan posisi alat masak lain yang jarang digunakan. Selain itu, susunan alat masak yang tidak digolongkan berdasarkan frekuensi pemakaian juga rawan membuat peralatan masak lainnya rusak akibat tergores atau pecah tersenggol.

  • Meletakkan Alat Masak Pada Ketinggian Terjangkau

Selain menata peralatan dapur masak sesuai frekuensi penggunaannya, tips penting lainnya bagi Anda yaitu memasang beberapa gantungan di ketinggian terjangkau untuk menggantung perlengkapan dapur. Menggantung alat masak tertentu di dinding juga dapat berfungsi sebagai pemanis ruangan dan penguat karakter dapur Anda. Namun, hindari menata dan memajang alat masak yang terlalu banyak di dinding karena akan membuat dapur terkesan berantakan dan tidak rapi.

  • Mengelap Alat Dapur

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga keindahan dan kerapian dapur Anda adalah senantiasa mengelap perlengkapan dapur sebelum dan sesudah digunakan.  Selain untuk menjaga kebersihan makanan, kegiatan mengelap peralatan dapur juga akan mempermudah Anda saat mencuci dan menatanya agar terhindar dari debu. Dengan demikian, peralatan masak bisa tetap awet, bersih, dan terlihat bagus meski sering digunakan.

Tips menata dapur yang rapi akan memberikan pengaruh besar pada suasana ruangan sekaligus mood Anda ketika berada di dalamnya. Jika Anda merasa riang ketika berada di dapur yang tertata dan fungsional, bukan tidak mungkin ide cemerlang untuk kreasi berbagai hidangan lezat selalu muncul dan mengejutkan seluruh anggota keluarga.

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Menata Dapur dengan Mudah dan Tertata"