Bunda, Sudah Punya Perlengkapan Dapur Modern Ini?

Perlengkapan Dapur, Alat Masak Modern, Peralatan Dapur

Perlengkapan dapur modern – Apakah Anda bingung memilih peralatan dapur yang harus ada di rumah dengan anggaran belanja yang terbatas? Kepala Momofuku Culinary Lab di New York, Dan Felder, menyatakan bahwa jika mengalami kejadian serupa, maka ia akan membeli beberapa perlengkapan masak berdasarkan skala prioritas sehingga bisa lebih hemat.

Berikut ini adalah alat masak murah berkualitas yang wajib ada untuk mendukung aktivitas Anda:

  • Panci bergagang (Cast iron skillet)

Setiap dapur pasti akan sangat membutuhkan panci ini untuk aktivitas memasak seperti menumis, menggoreng, ataupun memangang. Pilihlah perlengkapan dapur modern berupa panci bergagang yang terbuat dari bahan besi cor karena memiliki sifat anti lengket yang dapat muncul secara alami. Usahakan juga untuk menggunakan alat pengaduk yang tidak berbahan logam agar lapisan bawah panci tidak tergores.

  • Talenan

Perlengkapan dapur modern selanjutnya yang perlu dibeli menurut Felder adalah talenan untuk memotong daging yang terbuat dari plastik. Papan ini menawarkan bentuk permukaan yang kokoh untuk memudahkan proses memotong bahan makanan.

Jangan lupa juga membeli talenan yang berbeda untuk sayuran supaya tidak terjadi kontaminasi silang antara kedua jenis bahan makanan ini. Selain itu, papan pemotong juga mampu menjaga ketajaman pisau yang Anda gunakan. Benar-benar fungsional!

  • Dutch oven

Dutch oven bukanlah jenis peralatan dapur modern untuk memanggang masakan atau kue, melainkan panci serbaguna. Menurut Felder, peralatan dapur ini cenderung memiliki volume yang lebih kecil jika dibandingkan panci tradisional yang biasanya digunakan untuk membuat sup.

Akan tetapi, Dutch oven memiliki ukuran yang cukup besar jika digunakan untuk membuat pasta. Anda juga dapat menggunakan perlengkapan dapur modern ini untuk mengukus, merebus daging, serta bahan-bahan lainnya.

  • Pisau dapur

Menurut Felder, pisau adalah peralatan dapur yang memegang peranan sentral dalam aktivitas memasak. Oleh karena itu, Anda perlu menghadirkan alat pemotong yang memiliki ketajaman bagus untuk memotong bahan makanan agar lebih cepat, ringan, dan mudah.

Pisau yang paling cocok untuk penggunaan sehari-hari adalah pisau chef yang berukuran kurang lebih 20 cm serta pisau biasa untuk menyelesaikan ragam kegiatan memasak lainnya.

  • Pisau pengupas

Meski Anda sudah memiliki sepasang pisau yang istimewa, tetapi ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh perlengkapan dapur modern tersebut. Keberadaan pisau pengupas dalam hal ini juga dibutuhkan untuk mengupas bahan makanan berkulit tipis, seperti wortel atau tomat. Desain khusus pada pisau ini membuat proses pengupasan menjadi lebih cepat serta menjaga kulit buah tidak sampai ikut terkelupas.

Nah, itulah peralatan dapur utama yang sebaiknya menjadi skala prioritas pembelian dengan anggaran belanja yang terbatas. Hal ini akan mencegah Anda membeli banyak perlengkapan dapur modern yang kurang bermanfaat dan malah menghabiskan biaya. Agar lebih hemat lagi, jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan pada peralatan dapur supaya memiliki masa pakai yang lama.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Sudah Punya Perlengkapan Dapur Modern Ini?"