Cara Mengasah Pisau yang Tepat

No comment 21101 views

Cara Mengasah Pisau

Cara mengasah pisau – Pisau dan aksesoris tajam khas dapur lainnya merupakan benda yang wajib ada ketika Anda memasak. Tanpa peralatan ini, kegiatan memasak yang menyenangkan akan terhambat sebab Anda tak bisa memotong bahan-bahan yang hendak diolah atau membuat hiasan menu yang menggoda selera. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa pisau dan aksesoris tajam lainnya yang sering digunakan tentu akan cepat tumpul dan mengakibatkan irisan bahan makanan kurang rapi bahkan proses memasak menjadi lebih lama.

Tak ingin rasa sedap hidangan Anda terusik oleh potongan bahan makanan yang tidak rapi, kan? Oleh karenanya, biasakan untuk segera mengasah ketajaman pisau Anda ketika mulai tak nyaman digunakan. Lakukanlah cara mengasah pisau sesuai langkah di bawah ini supaya pisau lebih tajam dan siap menemani kegiatan memasak menu lezat:

  • Persiapkan Alat yang Dibutuhkan

Cara yang pertama yaitu agar proses menajamkan pisau berjalan lancar, siapkan dulu semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai. Siapkan pisau dan aksesoris dapur lainnya yang hendak diasah, batu pengasah, serta handuk atau lap sebagai alas batu.

  • Cucilah Batu Asah

Ketika menggunakan batu pengasah untuk mengasah pisau dapur, Anda perlu merendamnya dalam air terlebih dahulu sekitar 10-20 menit agar benda ini bisa membantu melumasi pisau tersebut. Jika batu asah dalam keadaan kering saat digunakan, hal ini akan mempersulit proses penajaman pisau dapur Anda. Setelah itu, tempatkan batu asah di atas handuk atau kain dengan permukaan kasar supaya tidak tergelincir saat digunakan.

  • Mulailah Menajamkan Pisau

Cara selanjutnya yaitu jika semua sudah siap, Anda bisa mulai mengasah pisau dengan meletakkannya pada sudut kemiringan yang tepat, yakni sekitar 20-25°. Pegang gagang pisau dengan erat, kemudian gesekkan ujung pisau hingga pangkalnya  pada bagian kasar batu asah kearah menjauhi tubuh Anda. Lakukan gerakan ini 6-12 kali untuk tiap sisi pisau, kemudian ulangi langkah yang sama pada bagian halus batu pengasah.

  • Bersihkan Pisau

Setelah Anda selesai melakukan langkah pengasahan tersebut, kini saatnya mensterilkan pisau dan aksesoris tajam lainnya itu. Usaplah pisau yang telah diasah tadi dengan kain lap bersih dan peralatan masak Anda telah siap digunakan! Jangan lupa untuk menguji ketajamannya dengan cara menggunakan pisau tersebut mengiris sebutir tomat yang bertekstur lembut.

Selain menggunakan cara di atas, ada metode lain yang dapat Anda lakukan untuk mengasah pisau agar lebih tajam yaitu menggunakan cangkir yang dapat dilakukan dengan mudah. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

> Letakkan sebuah cangkir dengan posisi terbalik sehingga bagian bawah cangkir berada di atas. Dalam keadaan darurat, cangkir kopi dapat berfungsi sebagai alat pengasah yang sangat efektif. Bahan keramik cangkir adalah bahan yang cukup kasar untuk mendapatkan hasil asah yang baik.

> Dengan tetap menjaga sudut 20°, sapu satu sisi pisau di permukaan bawah cangkir yang berpasir beberapa kali.

> Kemudian ulangi proses pengasahan pisau pada sisi yang lain dengan tetap menjaga sudut 20°

> Bolak-balikkan pisau untuk dua atau tiga sapuan akhir. Ambil satu sisi pisau dan gesekkan di cangkir, lalu putar pisau dan gesekkan di sisi yang berlawanan. Ulangi pola ini beberapa kali.

Nah, itulah cara mengasah pisau dapur agar menjadi lebih tajam dengan cara mudah praktis. Dengan senantiasa memelihara ketajaman pisau dapur, bisa dipastikan acara memasak berbagai menu istimewa buat keluarga menjadi lebih cepat dan menyenangkan. Namun, jika Anda hanya memiliki waktu terbatas untuk melakukannya, coba saja gunakan pengasah pisau elektrik yang memiliki fungsi sama seperti batu asah. Meskipun berbeda cara, namun efek tajam yang diberikan pada pisau dan aksesoris dapur Anda akan sama. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengasah Pisau yang Tepat"