Cara Merawat Oven Agar Lebih Awet

No comment 2795 views

Merawat Oven

 

Merawat Oven – Pada dasarnya, semua peralatan rumah tangga yang menggunakan tenaga listrik perlu dirawat secara berkala untuk mencegah timbulnya noda yang dapat menghambat aliran listrik dan kerja tiap komponen di dalamnya. Lagipula tidak ingin kan setiap tahun harus membeli perangkat baru hanya karena Anda tidak merawatnya dengan baik?

Hal yang sama juga berlaku pada oven elektrik yang Anda miliki. Menikmati makanan yang siap disantap pagi hari atau saat waktu luang memang menyenangkan, namun jangan lupa pada peralatan rumah tangga yang Anda gunakan untuk memasaknya. Perangkat tersebut perlu dijaga dan Anda harus tahu bagaimana cara merawat oven elektrik yang tepat, seperti berikut:

  • Cara merawat oven yang pertama adalah, setelah menggunakan oven elektrik, cabutlah kabel dari sumber listrik supaya Anda bisa mengeluarkan peralatan yang ada di dalam untuk dibersihkan. Guncangkanlah loyang atau nampan yang digunakan untuk memanggang di dalam rendaman air supaya sisa-sisa kotoran tidak menempel lagi. Jika sisa makanan menempel dengan kuat, Anda bisa gunakan sikat atau kuas lembut untuk membantu merontokannya. Pastikan Anda tidak menggunakan sikat atau spons yang kasar agar tidak ada banyak goresan pada loyang pemanggang kue tersebut.
  • Setelah semua sisa makanan lepas, cucilah nampan oven dengan sabun cuci piring dan spons lembut, kemudian bilaslah sampai benar-benar bersih. Diamkan nampan atau loyang sampai kering betul sebelum mengembalikannya ke dalam peralatan rumah tangga tersebut untuk mencegah timbulnya noda atau jamur. Anda bisa menggunakan kain kering yang permukaannya lembut dan berdaya serap tinggi untuk mengeringkan perangkat oven yang basah.
  • Selain loyang, ruangan dalam oven juga perlu dibersihkan lho, karena sisa-sisa makanan bisa saja menempel pada dinding oven. Menggunakan spons basah bisa membantu Anda membersihkan dan merawat bagian dalam oven, namun jika noda menempel terlalu kuat gunakanlah cara khusus. Masaklah air dalam cangkir dengan menggunakan oven sampai mendidih, uapnya akan menempel ke seluruh dinding oven bagian dalam, khususnya yang terkena noda. Cara ini juga memudahkan Anda dalam merawat dan menghilangkan noda-noda yang membandel.
  • Bersihkan juga pintu pemanggang makanan dengan air sabun yang hangat. Bilaslah dengan spons basah dan keringkan menggunakan kain berdaya serap tinggi. Cara ini dapat mencegah timbulnya noda membandel pada bagian pintu peralatan rumah tangga Anda sehingga tetap dapat ditutup rapat.
  • Apabila timbul bau tak sedap dari dalam oven, Anda bisa menggunakan ramuan khusus untuk mengatasinya. Campurkan 1 sendok makan baking soda ke dalam 1 cangkir air hangat lalu gunakan untuk menggosok dinding oven bagian dalam. Cara merawat lainnya yang bisa dilakukan adalah mencampurkan jus lemon dan air secukupnya lalu dimasak di dalam oven sampai mendidih. Kandungan dalam jus lemon tersebut dapat membunuh kuman penyebab bau tak sedap dan menggantinya dengan aroma segar.

Lakukan kegiatan merawat oven dan menjaga kebersihannya di rumah Anda secara rutin, supaya proses memanggang kue, roti, membuat snack untuk keluarga dapat terus dilakukan. Dengan menerapkan tips di atas, kegiatan mencuci dan membersihkan perlengkapan dapur bukan lagi hal yang melelahkan, bukan?

author
No Response

Leave a reply "Cara Merawat Oven Agar Lebih Awet"