Ingat! Inilah Ciri Alat Masak Aman dan Sehat

No comment 32360 views

Perlengkapan Dapur, Peralatan Dapur, Alat Masak Aman

Alat masak aman – Tantangan untuk hidup sehat memang semakin sulit diwujudkan. Pasalnya, beragam bahan makanan yang kita makan berpotensi mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain munculnya masalah dari bahan makanan, ternyata peralatan dapur yang digunakan sehari-hari juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit, lho.

Untuk itu, Anda harus benar-benar selektif  memilih agar alat masak aman. Dengan mengetahui material peralatan dapur yang aman, mimpi memiliki hidup yang sehat sangat mungkin terjadi. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih alat masak aman dan sehat:

1. Fitur Anti Lengket

Anda pasti sangat familiar dengan fitur alat masak yang satu ini. Peralatan dapur dengan fitur anti lengket memang paling sering dibeli untuk memudahkan proses memasak dan menghasilkan olahan menu yang cantik dan tidak lengket.

Akan tetapi, tahukan Anda bahwa alat masak anti lengket yang terbuat dari bahan kualitas rendah ternyata membawa zat karsinogen yang memicu kanker? Oleh sebab itu, Anda harus segera mencari alternatif peralatan dapur baru yang lebih aman bagi kesehatan keluarga.

Cobalah membeli perlengkapan dapur terbaik yang terbuat dari bahan enamel berkualitas tinggi yang dilapisi dengan besi cor atau baja. Alat masak ini akan mempunyai sifat anti lengket secara alami dan tidak reaktif dengan zat-zat kimia lainnya.

2. Stainless Pada Panci Masak

Panci masak juga merupakan peralatan dapur yang banyak sekali dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga. Jika Anda suka sekali membuat ragam olahan makanan berkuah, maka panci akan menjadi alat masak utama di rumah.

Alat masak aman bagi kesehatan umumnya terbuat dari bahan stainless berkualitas tinggi, dengan sedikit campuran bahan lain seperti nikel dan krom. Panci stainless berkualitas rendah cenderung menggunakan banyak campuran nikel dan zat ini mudah larut ke dalam makanan.

Nah, akan lebih baik jika Anda merogoh kocek lebih dalam dan mendapatkan panci berkualitas dengan campuran nikel yang minim, kan?

3. Panci Baja

Mirip dengan bahan stainless steel, panci baja juga lambat menghantar panas, mudah berkarat dan bereaksi pada hidangan dengan kandungan asam. Jika menggunakan panci baja, mulailah dengan membersihkan panci baja dengan sabun, bilas, dan keringkan. Beri ‘lapisan’ dengan menuang sedikit minyak sayur sebelum digunakan lalu lap minyak yang berlebih dengan tissue dapur. Setelah semua selesai, panci siap digunakan. Jangan lupa juga melakukan proses yang sama setelah selesai digunakan, sebelum disimpan.

4. Panci Baja Berlapis Enamel

Menjawab kekurangan dari panci baja, lapisan porselen ditambahkan pada bagian dalam panci. Tambahan ini mengakibatkan suhu panas ideal makin lambat dicapai, tapi lapisan ini menjadikan panci lebih bersahabat karena tidak ada reaksi terhadap bahan yang sedang dimasak. Sayangnya, lapisan enamel cukup berat dan mudah retak jika tidak dipelihara dengan baik. Untuk mengurangi kerusakan, pakai selalu peralatan dengan bahan kayu, plastik atau silikon untuk mendampingi panci ini.

5. Kaca

Sering disebut sebagai panci atau wadah Pyrex (merek dagang), dengan bahan kaca yang sudah diproses sehingga stabil dan dapat bertahan pada temperatur tinggi. Idealnya digunakan untuk memasak di dalam oven microwave juga oven gas dengan cara memanggang. Perlu dicatat, perkakas Pyrex bukan penghantar panas yang baik; mungkin saja lekas panas tapi memakan waktu panjang untuk membuat hidangan cepat matang. Lebih dari itu, juga mudah retak jika tidak digunakan sesuai anjuran.

6. Anodized Alumunium pada Penggorengan

Makanan yang direbus memang lebih sehat, tapi tidak mungkin juga jika Anda terus-menerus memasak makanan berkuah atau rebusan. Keluarga juga pastinya menginginkan variasi menu lainnya, seperti aneka makanan goreng.Untuk mendapatkan alat masak murah berkualitas, Anda dapat memilih bahan yang terbuat dari anodized alumunium.

Peralatan dapur yang terbuat dari bahan ini memiliki sifat yang jauh berbeda dengan alumunium biasa. Alumunium yang sudah dianodasi tidak akan membuat elemennya menempel pada makanan sehingga tetap aman digunakan. Makanan yang bebas dari kontaminasi logam akan sangat mendukung kebutuhan nutrisi pada tubuh, itulah sebabnya Anda disarankan memilih penggorengan dengan kualitas yang terjamin.

7. Peralatan dari silikon

Dan peralatan masak yang terbuat dari silicon food grade telah menjadi barang yang cukup populer beberapa tahun terakhir. Tersedia dengan berbagai macam warna berbeda, anti lengket, tahan noda dan dapat mentolerir temperature yang ekstrem. Sebenarnya tidak ada bahaya kesehatan yang datang dari penggunaan peralatan masak silikon. Ini karena bahan karet silikon tidak ebreaksi dengan makanan dan minuman ataupun menghasilkan zat yang berbahaya.

Dengan tips dan informasi singkat dan praktis mengenai ragam bahan alat masak aman untuk digunakan sehari-hari, kini Anda dapat lebih tenang saat berbelanja peralatan dapur murah berkualitas. Jangan pernah ragu mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk mendapatkan peralatan masak yang aman dan berkualitas mengingat kesehatan keluargalah yang menjadi prioritas utama.

author
No Response

Leave a reply "Ingat! Inilah Ciri Alat Masak Aman dan Sehat"