Ini Cara Membersihkan Pisau Berkarat Agar Mengkilap

Membuat Pisau Mengkilap, Pisau dan Aksesoris, Membersihkan Karat Pisau

Membuat pisau mengkilap – Sebaik apapun kualitas pisau dan aksesoris dapur, karat bisa saja muncul jika tidak dirawat dengan baik. Selain mengurangi keindahan, noda karat di sana-sini tentunya tidak baik untuk kesehatan keluarga karena area yang berkarat rawan sekali dihinggapi bakteri atau kuman.

Salah satu penyebab pisau dan aksesoris dapur menjadi berkarat adalah membiarkannya terlalu lama terendam air di tempat cuci piring atau meletakkannya di rak piring dalam keadaan basah. Namun jangan khawatir sebab ternyata ada banyak cara membersihkan pisau berkarat.

Berikut adalah beberapa tips membuat pisau mengkilap kembali:

• Jus Lemon
Selain dapat melegakan tenggorokan dan melepas dahaga, jus lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pisau. Cara membuat pisau mengkilap ini mudah sekali, Anda tinggal memasukkan pisau dan aksesoris dapur yang berkarat ke dalam gelas atau mangkuk berisi jus lemon selama beberapa menit. Kandungan asam dalam jus tersebut dapat melarutkan karat sehingga mudah dibersihkan dari permukaan pisau.

• Kentang
Cara membersihkan pisau berkarat agar mengkilap yang kedua adalah dengan menggunakan kentang. Potong kentang menjadi irisan tipis dan lembut kemudian gunakan untuk “mengubur” bagian pisau dan aksesoris dapur yang berkarat selama kurang lebih satu hari atau sepanjang malam.

Kentang mengandung asam oxalic yang dapat melepaskan karat sehingga tidak melekat lagi pada permukaan pisau. Bilaslah pisau dari sisa karat dan kentang dengan sabun cuci dan air bersih, kemudian keringkan menggunakan lap sampai benar-benar kering.

• Cuka
Hampir setiap noda yang muncul pada berbagai peralatan dapur dapat dibasmi dengan menggunakan cuka, termasuk pisau dan aksesoris lainnya. Cuka memiliki kandungan asam yang sangat tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai cara membuat pisau mengkilap.

Caranya menggunakannya sangat mudah, hanya dengan merendam pisau yang berkarat ke dalam larutan cuka apel sepanjang malam. Keesokan paginya Anda akan melihat noda karat tampak larut dan memudar. Bersihkan bekas karat dan sisa cuka apel yang menempel dengan air sabun hingga bersih.

• Baking soda
Anda yang suka membuat kue tentunya menyimpan baking soda di rumah, bukan? Nah, bahan ini ternyata juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan pisau berkarat. Anda cukup mencampurkan baking soda dan air secukupnya hingga wujudnya menyerupai pasta.

Ambillah kain atau spons pembersih dan gunakan untuk menggosok area yang berkarat dengan menggunakan pasta baking soda sampai karat benar-benar hilang.

Cara membersihkan pisau berkarat sangatlah mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun ada di sekitar Anda, sehingga tak perlu cemas lagi jika mendapati pisau dalam keadaan berkarat.

Untuk menghindari munculnya karat kembali, pastikan Anda selalu mencuci peralatan dapur sebersih mungkin dan keringkan dengan lap berdaya serap tinggi sampai benar-benar kering. Dengan demikian dijamin pisau dan aksesoris dapur selalu mengkilat.

author
No Response

Leave a reply "Ini Cara Membersihkan Pisau Berkarat Agar Mengkilap"