Makin Peduli Bumi dengan Dapur Ramah Lingkungan

 

Dapur Ramah Lingkungan

 

Dapur Ramah lingkungan – Memilih dan menggunakan perlengkapan dapur berdasakan pertimbangan tertentu dapat menjadi salah satu cara untuk menciptakan dapur yang ramah lingkungan. Dengan memilih konsep dapur ini, Anda bisa mengolah jenis makanan lezat, menggunakan energi yang lebih hemat, dan mengurangi campuran bahan kimia dalam proses memasak.

Sebagai salah satu konsep dapur yang banyak dikembangkan, rupanya dapur ramah lingkungan juga bisa membuat Anda menjadi lebih hemat setiap harinya. Untuk mencapai tujuan tersebut,  berikut adalah tips memilih perlengkapan dapur ramah lingkungan secara tepat sesuai dengan rekomendasi artikel berjudul 9 Ways to Go Green in the Kitchen dan How to Go Green – In the Kitchen:

  • Pilihlah Perlengkapan Berkualitas

Perlengkapan memasak atau alat makan berkualitas memiliki ketahanan yang lebih lama daripada jenis produk murahan. Anda perlu memilih wajan, kompor, piring, sendok, hingga serbet berkualitas yang tahan lama dan aman digunakan.

Dengan memilih perlengkapan dapur yang kokoh, Anda tidak akan sering-sering membuang produk yang cepat rusak dalam jangka waktu cepat. Pilihlah jenis bahan stainless steel atau bahan tradisional yang tidak mudah meleleh atau mengeluarkan zat kimia jika digunakan memasak atau menghidangkan makanan.

  • Pertimbangkan Energi: Gas atau Listrik

Panas yang ditimbulkan oleh api pada kompor merupakan aspek utama yang dibutuhkan dalam proses memasak setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda dapat memilih jenis kompor berbahan bakar gas atau listrik yang memiliki masing-masing kelebihan sebagai produk ramah lingkungan. Untuk kompor gas, pilihlah produk berkualitas dengan kontrol suhu yang mudah diatur dan fokus panas yang teratur. Sedangkan khusus kompor listrik, pilihlah kompor dengan pengaturan suhu dan dilengkapi alat memasak stainless steel pilihan yang bisa mengantarkan panas lebih optimal.

  • Pilihlah Perlengkapan Dapur Hemat Energi

Perlengkapan dapur ramah lingkungan yang menggunakan tenaga listrik seperti lemari es dan microwave harus mengutaman konsep hemat energi . Meski umumnya orang memilih peralatan tersebut berdasarkan fitur, tak ada salahnya jika Anda mengutamakan sistem energi yang digunakan untuk mendukung tema “dapur hijau” yang lebih hemat energi dan hemat di kantong.

  • Gunakan Sabun Ramah Lingkungan

Sisa sabun pembersih dan sabun cuci perlengkapan dapur yang mengandung fosfat dapat mengancam kehidupan laut. Selain itu, kandungan klorin juga berpotensi menyebabkan pencemaran udara di dalam ruangan dapur Anda. Untuk menghindarinya, selalu cuci perlengkapan dapur menggunakan sabun yang “ringan” dan mengandung bahan alami seperti jahe atau jeruk nipis yang ampuh menghilangkan sisa kotoran.

Memilih perlengkapan dapur ramah lingkungan yang ramah lingkungan  akan membuat Anda bisa menghemat energi plus pengeluaran sehari-hari. Milikilah “dapur hijau” yang mempu memberikan manfaat secara langsung untuk Anda, keluarga, dan semua manusia yang ada di bumi. Lingkungan yang lestari akan membuat kehidupan lebih asri, bukan?

author
No Response

Leave a reply "Makin Peduli Bumi dengan Dapur Ramah Lingkungan"