Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Rapi dan Menarik

Menata Dapur

Menata dapur – Memasak adalah aktivitas seru yang menyenangkan sekaligus membuat Anda dapat lebih dicintai keluarga dengan hadirnya sajian istimewa setiap hari. Namun, sebagai seorang “koki” handal keluarga tentunya Anda juga ingin menata dapur rumah agar terlihat lebih rapi dan enak dipandang.

Dengan penataan yang pas, ruangan dapur akan menjadi lebih luas dan membuat Anda nyaman bergerak atau memindahkan peralatan saat proses memasak berlangsung. Untuk itu, simaklah beberapa tips menarik dalam menata dapur rumah sebagai berikut:

  • Singkirkan Benda-Benda yang Tidak Digunakan

Setelah sekian tahun memasak, pasti Anda akan menemukan alat masak apa saja yang sangat jarang digunakan. Selain memenuhi ruang penyimpanan, perlengkapan dapur yang tidak digunakan juga akan membuat tampilan dapur menjadi tidak sedap di pandang mata. Berikanlah peralatan dapur yang tidak digunakan kepada tetangga, teman, atau bahkan yayasan amal yang membutuhkan.

  • Pindahkan atau Perbaiki Alat Masak

Dalam menata perlengkapan dapur, apabila Anda mempunyai alat masak yang sudah lama tidak berfungsi atau memiliki masalah kecil pada salah satu peralatan, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbaikinya. Namun jika tidak memungkinkan, buang atau pindahkan perlengkapan dapur yang sudah tidak dapat dipakai ke tempat lain agar dapur Anda terlihat bersih.

  • Dekatkan Barang yang Sering Dipakai

Jika tahu persis peralatan apa saja yang rutin digunakan, maka letakkanlah alat masak tersebut di tempat yang memudahan Anda menjangkaunya. Hal ini akan menghemat banyak waktu Anda ketika memasak tanpa harus berputar-putar mencari alat yang dibutuhkan.

  • Bersihkan Meja Dapur

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan saat menata peralatan dapur adalah selalu memastikan kebersihan dan kerapian meja dapur. Sisihkan barang-barang yang jarang digunakan dari meja agar memudahkan Anda ketika membersihkan. Meja dapur perlu dibersihkan setiap hari karena menjadi tempat utama ketika melakukan proses memasak seperti memotong-motong bahan makanan.

  • Rapikan Kertas-Kertas yang Berserakan

Tatalah dapur dengan memindahkan kertas-kertas yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas memasak seperti koran bekas, tagihan listrik, dan sebagainya ke ruangan lainnya. Kertas yang bertebaran dimana-mana juga akan membuat dapur terlihat kotor dan sumpek. Jika memang Anda membutuhkan kertas-kertas itu, tambahkan saja rak kecil yang bisa diisi kertas atau bahkan buku resep supaya dapur lebih rapi dan nyaman.

Itulah beberapa tips seputar memaksimalkan dalam menata dapur agar ruangan lebih teratur dan terkesan luas. Bukan hanya itu, dapur yang terasa luas juga akan membangkitkan keinginan Anda menciptakan aneka menu baru yang siap memanjakan lidah seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Rapi dan Menarik"