Menata Peralatan Dapur Sesuai Area Penting Ini!

Menata Peralatan Dapur

Menata peralatan dapur – Apakah Anda adalah tipe orang yang gemar mengkreasikan bahan makanan menjadi hidangan nikmat tetapi tidak punya banyak waktu untuk berlama-lama di dapur? Menata peralatan dapur yang tepat dapat menjadi solusi untuk menghemat waktu Anda dalam melakukan kegiatan menyenangkan tersebut.

Menentukan titik pusat kegiatan memasak adalah hal yang sangat penting dilakukan supaya Anda tahu dimana sebaiknya meletakkan aneka peralatan memasak agar bisa dengan mudah dijangkau. Anda tidak perlu berputar bolak-balik untuk mengambil alat masak yang berjauhan dari pusat kegiatan. Berikut ini adalah tips menata peralatan dapur sesuai dengan areanya:

  • Area Penyimpanan

Saat Anda menata perlengkapan dapur di bagian ini, Anda akan banyak meletakkan berbagai jenis persediaan bahan makanan untuk diolah sehingga lemari pendingin perlu diletakkan di bagian ini. Selain itu, Anda juga dapat  meletakkan kabinet atau lemari penyimpanan. Area ini juga harus mudah dilihat agar Anda juga selalu ingat untuk rutin mengecek kondisi bahan makanan atau mengeluarkan bahan yang sudah tidak layak dikonsumsi.

  • Area Persiapan

Ketika mengatur perlengkapan dapur, alat masak yang harus selalu berada di area ini adalah papan pemotong, pisau, gelas ukur, sendok, dan wadah bahan makanan. Alat masak tersebut nantinya akan sering digunakan untuk memotong atau menakar bahan makanan sebelum mengolahnya menjadi sajian yang menggoda selera.

  • Area Memasak

Di area memasak, Anda akan mulai ‘menyulap’ serta menata bahan makanan ke dalam bentuk yang siap olah. Letakkan kompor, oven, dan alat masak lain yang berkaitan dengan proses memasak seperti panci, alas panci, sendok, dan spatula. Keberadaan wadah penyimpanan peralatan dapur ini juga akan sangat membantu kepraktisan dan kerapian tatanan perabot di area ini.

  • Area Memanggang

Jika Anda dan keluarga sangat suka dengan menu olahan seperti roti atau cake, tentu ini akan menjadi area favorit. Letakkan perlengkapan dapur dan bahan seperti tepung, gula, baking powder, gelas ukur dan sendok takar, serta mangkuk adonan menjadi satu tatanan harmonis di area ini.

  • Area Penyajian

Untuk area penyajian, letakkan meja yang dilengkapi perlengkapan seperti serbet, tatakan gelas dan piring, serta wadah kecil yang berisi sendok, garpu, dan pisau makan. Adanya peralatan makan dan masak di area penyajian ini juga akan membuat waktu makan Anda bersama keluarga menjadi lebih nyaman karena tidak harus beranjak dari kursi untuk mengambil peralatan makan yang dibutuhkan.

  • Area Mencuci

Area ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan karena sangat berkaitan dengan kesterilan bahan makanan dan alat masak sesudah digunakan. Sediakan peralatan mencuci seperti busa untuk mencuci, sabun cuci, lap kering, dan letakkan rak piring saat menata area ini.

  • Tempat Sampah

Meski berisi benda-benda kotor, keberadaan tempat sampah wajib ada di dapur untuk memudahkan aktivitas memasak Anda. Letakkan tempat sampah ini di bawah meja tempat memotong bahan makanan. Selain itu, jagalah kebersihan tempat sampah dengan rutin membuang isinya dan mencuci wadah tersebut.

Nah, itulah beberapa tips seputar menata peralatan dapur di area masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan. Keberadaan alat masak pada area yang tepat akan memudahkan Anda meraihnya dan proses memasakpun dapat berlangsung lebih cepat. Happy cooking!

author
No Response

Leave a reply "Menata Peralatan Dapur Sesuai Area Penting Ini!"