Merawat Kompos Gas dengan Tepat = Penting!

No comment 3455 views

Merawat Kompos Gas

Merawat kompor gas – Stainless steel merupakan bahan yang paling awet untuk digunakan sebagai pembuat peralatan rumah tangga, termasuk kompor gas. Namun bukan berarti menggunakan bahan yang kokoh dan tahan lama lantas tidak perlu merawat kompor gas di rumah Anda.

Seringkali noda membandel pada kompor gas stainless steel sulit dibersihkan. Oleh karena itulah, Anda perlu melakukan perawatan kompor gas dengan rutin supaya tidak sampai timbul noda membandel dari sisa-sisa proses memasak. Dengan tips berikut ini Anda bisa menikmati kemudahan merawat kompor gas secara rutin, yaitu:

  • Persiapan

Sebelum mulai membersihkan kompor gas, kumpulkanlah terlebih dahulu peralatan dan bahan-bahan yang akan Anda gunakan. Pastikan juga di atas kompor sudah tidak ada peralatan yang digunakan untuk memasak, sekecil apapun. Persiapan ini dilakukan untuk memudahkan Anda saat merawat peralatan rumah tangga tersebut.

  • Pilihlah Pembersih yang Tepat

Jenis pembersih kompor gas yang baik untuk produk berbahan stainless steel adalah yang bebas klorin, jadi pastikan Anda telah memilih bahan yang tepat dan aman untuk merawat peralatan tersebut. Jangan pula menggunakan bubuk pembersih dengan butiran yang kasar karena justru dapat membuat permukaan peralatan rumah tangga Anda tergores.

  • Menggosok Komponen Kompor Gas

Meskipun sikat paling cocok digunakan untuk menggosok, tidak demikian halnya pada kompor gas stainless steel. Sebaiknya gunakan saja kain pencuci untuk menggosok bagian-bagian yang kotor. Untuk memudahkan prosesnya, kumpulkanlah komponen yang akan dicuci di satu tempat sehingga Anda tidak perlu mondar-mandir untuk mengambil bagian tersebut satu persatu.

  • Mencuci Kompor Gas

Setelah membersihkan bagian kompor gas yang terpisah, saatnya Anda mencuci kerangka utama perlengkapan rumah tangga tersebut. Gunakan sabun cuci piring dengan formula lembut yang sudah dicampur air hangat yang akan membantu Anda mengangkat sisa hasil memasak yang masih menempel di permukaan kompor gas, seperti remah-remah, minyak, bumbu dapur, dan sebagainya.

Anda juga perlu merawat bagian bawah kompor dengan membersihkannya serta sedikit mengangkat peralatan rumah tangga tersebut. Itulah pentingnya mengapa sebelum memulai proses pembersihan Anda perlu menjauhkan peralatan memasak dari atas kompor.

  • Menghilangkan Noda Membandel

Untuk merawat kompor agar lebih awet serta mengatasi noda membandel, Anda tetap tidak perlu menggunakan sikat untuk menggosoknya. Gunakan saja spons atau kain pencuci untuk membersihkan area peralatan rumah tangga yang bernoda tersebut. Anda bisa menggunakan cairan sabun cuci, air cuka ataupun jus lemon. Selain dapat mempermudah larutnya noda, jus lemon juga bisa membantu menghilangkan bau tak sedap akibat tumpukan noda dan kuman.

  • Membilas dengan Bersih

Setelah semua bagian dicuci dan digosok sampai bersih, pastikan Anda membilasnya dengan bersih pula menggunakan air hangat. Hal ini dimaksudkan supaya sisa-sisa minyak dan kotoran yang masih menempel dapat benar-benar larut dan tersapu bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat kompor gas dengan langkah yang mudah. Dengan mengikuti cara merawat kompor gas ini, pastikan Anda telah mengeringkannya dengan benar, sampai betul-betul kering supaya tidak meninggalkan noda bekas air atau menyebabkan kelembapan pada peralatan rumah tangga tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Merawat Kompos Gas dengan Tepat = Penting!"