Tips Merawat Panci Agar Lebih Tahan Lama

No comment 2879 views

Tips Merawat Panci

Tips merawat panci – Keberadaan alat masak yang tahan lama tentunya sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran memasak Anda. Bagi Anda yang suka sekali membuat makanan berkuah atau mengolah makanan dengan cara direbus, pasti sangat mengandalkan keawetan alat masak panci.

Panci merupakan alat masak serbaguna yang dapat digunakan untuk merebus berbagai makanan dan dibuat dari berbagai jenis bahan seperti aluminium, besi, tembaga, serta stainless dengan tingkat keawetan berbeda-beda. Untuk menjaga agar panci tidak mudah rusak, berikut ini beberapa tips merawat panci yang dapat Anda coba:

  • Tips Memakai Pada Api Suhu Sedang

Panci memang memiliki lapisan pelindung luar tahan panas yang menjadikannya dapat bertahan lama meski sering digunakan. Namun, apabila panci ditaruh pada suhu yang terlalu tinggi, lapisan pelindung ini akan rusak dan mengakibatkan lubang pada bagian bawahnya. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga panci tetap awet yaitu dengan menggunakannya pada nyala api sedang sehingga lapisan pelindungnya tak cepat rusak. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya Anda perlu mengatur suhu panas yang sesuai untuk merawat serta menjaga kualitas panci.

  • Tips Memilih Jenis Pengaduk

Tips berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah jenis pengaduk yang digunakan untuk mengolah bahan makanan di dalam panci. Panci aluminium adalah jenis yang paling awet untuk digunakan, namun alat masak semacam ini dapat menjadi sumber bahaya jika dipadukan dengan olahan makanan bersifat asam serta diaduk menggunakan pengaduk stainless.

Pertemuan antara senyawa zat asam dan stainless akan bereaksi dan membentuk racun berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jenis pengaduk yang bersahabat dengan ketahanan panci Anda adalah yang terbuat dari kayu, plastik, dan silikon. Hindari penggunaan pengaduk berbahan aluminium karena mengakibatkan goresan pada permukaan dalam panci.

  • Tips Mengoleskan Minyak Sayur Pada Permukaan Panci

Tindakan mengoleskan minyak sayur pada permukaan luar panci sebelum digunakan ternyata dapat membantu menyelamatkan sekaligus merawat panci Anda. Untuk itu, jangan lupa oleskan sedikit minyak sayur secara merata ke seluruh permukaan luar panci Anda sebelum memanaskannya di atas kompor. Minyak sayur akan menjadi lapisan ‘pelindung’ tambahan yang mencegah terjadinya kontak langsung antara nyala api dengan lapisan permukaan panci.

  • Tips Menaburkan Garam Halus

‘Penyelamat’ lain yang dapat merawat keawetan panci adalah garam halus. Anda dapat menaburkan butiran garam halus pada bagian dalam panci Anda yang bisa membantu merawat serta melindungi panci dari goresan alat pengaduk dengan sisi tajam seperti sendok logam. Selain itu, garam halus juga memiliki fungsi yang sama dengan minyak sayur dan bisa dioleskan secara merata pada bagian luar panci untuk melindungi serta merawat permukaannya dari panas api.

  • Tips Menggunakan Spons Halus dan Air Jeruk Saat Mencuci

Setelah selesai menggunakan panci, rendamlah dalam air hangat yang dicampur dengan perasan air jeruk. Larutan ini merupakan tips merawat panci yang akan melunturkan semua kotoran yang menempel di panci sehingga Anda juga tak perlu bersusah payah untuk menggosok permukaan panci agar kembali tampak cantik.

Dengan menerapkan tips di atas, panci Anda dijamin lebih lama menemani aktivitas di dapur bersama alat masak lainnya. Perawatan panci yang tepat juga akan membuat proses memasak menjadi lebih aman dan higienis.

 

author
No Response

Leave a reply "Tips Merawat Panci Agar Lebih Tahan Lama"