Tips Merawat Rice Cooker Agar Lebih Awet

No comment 8367 views

Merawat Rice CookerMerawat rice cooker Rice coker merupakan salah satu peralatan rumah tangga terpenting yang ada di rumah. Anda bisa menikmati sarapan, makan siang dan makan malam dengan bantuan alat tersebut. Supaya rice cooker tetap awet dan dapat digunakan secara maksimal, sudah selayaknya peralatan rumah tangga ini dirawat dengan baik.

Merawat rice cooker tidak sulit, Anda hanya perlu memahami bagian-bagian yang perlu dibersihkan beserta cara perawatannya. Berikut adalah tips sederhana yang akan memudahkan Anda menjaga rice cooker tetap bersih dan tahan lama:

  • Perhatikan Sisi Keamanan Rice Cooker

Merawat rice cooker akan lebih mudah apabila Anda juga memperhatikan petunjuk pemakaian yang tertera pada label atau kemasan peralatan rumah tangga tersebut demi keamanan penggunaan. Saat menggunakannya pun, sebaiknya letakkan rice cooker pada tempat dengan permukaan datar untuk mencegah mengalirnya atau tumpahnya air mendidih dari dalam rice cooker. Cara lainnya adalah tidak mengisi air melebihi batas maksimum yang ditentukan.

  • Biarkan Rice Cooker Dingin Sebelum Membersihkannya

Cara merawat rice cooker selanjutnya adalah segera setelah proses memasak selesai, cabutlah kabel dari sumber listrik dan biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum Anda membersihkannya. Lamanya waktu pendinginan tergantung pada jenis peralatan rumah tangga yang Anda miliki, tidak ada salahnya menanyakan pada teknisi, penjual atau membaca buku manual yang tersedia. Selain lebih aman dan mempercepat proses pencucian, Anda sendiri juga tidak nyaman kan, membersihkan peralatan yang masih panas?

  • Bersihkan Butiran Nasi Dari Rice Cooker

Saat menanak nasi, biasanya Anda mendapati butiran-butiran yang menempel pada dinding rice cooker, bukan? Nah, butiran tersebut perlu segera dibersihkan karena cepat mengering dan akan lebih sulit dihilangkan. Untuk melakukan proses merawat lapisan dindingnya, Anda bisa gunakan spons pembersih atau ujung garpu untuk melepas butiran nasi satu-persatu. Pastikan peralatan yang digunakan tidak sampai membuat permukaan rice cooker tergores.

  • Penampung uap air

Rajun-rajin cek penampung uap air (Dew Collector). Buang air yang ada di dalamnya. Jangan membiarkan air berada terlalu lama di Dew Collector karena akan menimbulkan bau tak sedap.

  • Stop kontak

Cabut stop kontak dari rice cooker ketika tidak sedang digunakan atau sebelum dibersihkan. Jangan membersihkan rice cooker saat rice cooker dalam keadaan panas. Biarkan dingin terlebih dahulu baru dibersihkan.

  • Mencuci dengan Air Hangat

Setelah Anda mengangkat butiran-butiran sisa masakan, cucilah wadah untuk mengukus dan peralatan seperti cangkir pengukur dan pengambil nasi dengan air hangat dan sabun cuci piring. Gosoklah dengan spons lembut supaya semua sisa makanan dapat terangkat secara maksimal, supaya dapat digunakan kembali untuk menanak nasi di lain waktu. Setelah semua bersih, keringkan semua peralatan sebelum digunakan kembali. Jangan menggunakan rice cooker jika masih ada bagian yang basah, supaya tidak membahayakan peralatan rumah tangga dengan tenaga listrik tersebut.

Membersihkan dan merawat rice cooker tidaklah sulit, bukan? Anda hanya perlu membersihkannya setiap kali habis digunakan supaya kebersihannya tetap terjaga. Bagian luarnya juga bisa Anda lap dengan kain basah supaya terbebas dari minyak-minyak dan noda hasil memasak. Dengan rutin melakukan perawatan pada peralatan rumah tangga di rumah Anda, rice cooker kesayangan akan tetap awet.

author
No Response

Leave a reply "Tips Merawat Rice Cooker Agar Lebih Awet"