Tips Mudah Membersihkan Coffee Maker

No comment 2659 views

Membersihkan Coffee Maker

Membersihkan Coffee Maker – Kopi merupakan minuman nikmat yang terbuat dari biji kopi yang kemudian diolah dengan berbagai macam rasa seperti latte, macchiato, espresso, cappuccino, dan lain sebagainya. Tentunya, bagi penggila kopi, alat elektronik serupa coffee maker menjadi layaknya sahabat yang tak terpisahkan. Untuk menjaga “kelanggengan” persahabatan Anda dengan perlatan dapur ini, pastikan rutin membersihkan coffee maker dengan langkah mudah berikut:

  • Larutkan Cuka dan Air

Untuk membersihkan coffee maker terutama bagian tabung gelasnya, siapkan 3 cangkir cuka dan 6 gelas air bersih kemudian larutkan dalam sebuah tabung kaca. Anda juga dapat membersihkannya dengan mengganti bahan ini dengan pemutih khusus untuk teko kaca yang tersedia di supermarket terdekat.

  • Ganti Saringan Kopi

Cara membersihkan yang kedua adalah mengganti kertas penyaring kopi yang sudah dipakai dengan kertas penyaring baru. Kertas coffee maker yang sudah lama tidak diganti akan membuat noda yang susah dihilangkan jika Anda lama tak menggunakannya.

  • Tuangkan Larutan Cuka Pembersih

Selanjutnya, tuangkan larutan pembersih yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam teko kopi seperti saat Anda menuangkan air ke dalam mesin pembuat kopi. Tuangkan larutan ini sedikit demi sedikit ke dalam teko dan pastikan tidak sampai meluber ke mana-mana.

  • Nyalakan Mesin Pembuat Kopi

Setelah memasukan larutan pembersih ke dalam mesin pembuat kopi, nyalakan coffee maker ini dan biarkan memutar larutan pembersih yang ada di dalamnya. Mesin kopi elektronik ini akan terus berputar dan membersihkannya dengan larutan pembersih yang ada di dalamnya hingga ke semua sisi produk ini dengan merata.

  • Angkat Saringan Kopi

Setelah cairan cuka berhasil diratakan, matikan mesin dan angkatlah kertas penyaring kopi dan teko yang berisi larutan pembersih di dalam coffee maker tersebut. Buang semua larutan yang ada dan lap permukaan mesin kopi untuk membersihkan cairan yang tertinggal.

  • Dinginkan Mesin Pembuat Kopi

Dinginkan perlengkapan dapur elektronik ini kurang lebih selama 15 menit. Hindari membersihkan dengan mencucinya langsung di bawah air dingin pada saat suhu teko elektrik ini masih panas, sebab perpaduan langsung suhu panas dan dingin akan menimbulkan perubahan temperatur ekstrim dan berpengaruh pada keawetan mesin penyeduh kopi kesayangan Anda.

  • Mencuci Teko dan Gelas Ukur Mesin

Setelah teko dan gelas ukur kaca sudah benar-benar dingin, Anda dapat segera membersihkan dengan mencucinya di bawah air dingin dan sabun cuci khusus yang tidak merusak permukaan dalam serta bagian luarnya. Kemudian, keringkan teko dan gelas ukur kaca ini dengan cara membiarkannya terkena angin hingga kering sempurna.

Itulah beberapa langkah mudah membersihkan coffee maker yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah agar menjaganya selalu bersih dan awet digunakan. Jangan lupa selalu memperhatikan komponen mesin pembuat kopi, baik yang tampak mata maupun tersembunyi dan pahami cara perawatannya agar terhindar dari kerusakan.

author
No Response

Leave a reply "Tips Mudah Membersihkan Coffee Maker"