Yuk, Mengenal Macam-macam Pisau dan Fungsinya Terbaik

Jenis Pisau, Fungsi Pisau, Pisau dan Aksesoris

Pisau dan aksesoris – Irisan roti nikmat ternyata beraroma bawang merah?  Wah, jangan-jangan ini disebabkan pisau dan aksesoris dapur yang Anda gunakan untuk menyiapkan bumbu masakan sama dengan peralatan untuk memotong roti, buah, dan sebagainya.

Pada dasarnya, terdapat macam-macam pisau dan fungsinya yang bisa ditemukan di pasaran. Memiliki beberapa jenis pisau dan aksesori dapur akan memudahkan Anda melakukan rutinitas sehari-hari.

Membedakan pisau untuk mengupas buah, memotong sayur, mengiris roti, menyiapkan bumbu, dan sebagainya tidak hanya untuk menghindari bau yang tercampur, namun agar Anda tidak perlu “antre” dengan anggota keluarga lain yang menggunakan pisau.

Tentu saja setiap perlengkapan dapur ini memiliki macam-macam pisau dan fungsinya yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut:

  • Pisau dapur

Macam-macam pisau dan fungsinya yang pertama adalah pisau dapur. Pisau dapur terbaik biasa digunakan untuk kegiatan memasak sehari-hari, seperti memotong sayur, merajang bumbu, dan lain sebagainya.

Untuk memotong bumbu-bumbu dan sayuran yang ukurannya kecil, Anda bisa menggunakan pisau dapur berkualitas yangmemiliki pegangan lebih panjang daripada bagian pemotongnya. Pisau ini membantu Anda memotong dengan daya yang lebih besar, namun hasilnya tetap bisa rapi dan tipis-tipis.

  • Pisau daging

Beda dengan pisau dapur, pisau daging ini bentuk pegangannya lebih pendek dibandingkan bagian pemotongnya. Macam-macam pisau dan fungsinya yang satu ini adalah untuk memudahkan pengguna memotong daging secara keseluruhan dari satu sisi ke sisi yang lain.

Mau memotong daging kecil ataupun daging yang besar, Anda bisa menggunakan pisau dan aksesoris ini untuk memudahkannya.

  • Pisau tulang

Sembari memotong daging sapi, daging ayam, dan daging lainnya, Anda akan menjumpai beberapa bagian tulang yang ikut menempel, bukan? Jangan lanjutkan memotong tulang dengan pisau daging, sebaliknya gantilah pisau dan aksesoris Anda dengan peralatan khusus untuk memotong tulang.

Pisau tulang cenderung lebih tipis pada bagian pemotongnya, namun cukup kuat dan tajam sehingga mampu memotong tulang yang belum terpisah. Pegangannya pun lebih kuat dibandingkan pisau yang lain, dan bentuk ini memudahkan Anda menggerakkan pisau dengan kuat pula.

  • Pisau roti 

Macam-macam pisau dan fungsinya satu ini sangat disarankan penggunaannya saat hendak memotong roti ataupun kue. Bagian pemotongnya bergerigi sehingga memudahkan Anda memotong serat-serat roti tanpa mengotori meja atau alas pemotong, dan rotipun dapat teriris dengan rapi. Pisau ini cocok juga untuk memotong kue tart saat merayakan ulang tahun anggota keluarga tercinta.

  • Pisau kupas

Pisau berkualitas biasanya diperlukan saat mengupas mangga, apel, mentimun atau makanan lainnya. Bentuk pisau kupas beda dengan pisau lain, yaitu berbentuk cekung pada bagian pemotongnya. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda menggunakan pisau dan aksesoris dapur tajam lain pada buah atau sayur yang dikehendaki.

Itulah beberapa macam-macam pisau dan fungsinya yang patut Anda ketahui. Dengan kata lain, setidaknya Anda harus punya kelima jenis pisau ini supaya kegiatan memasak dan menyantap makanan jadi lebih menyenangkan. Anda juga dapat membuat kegiatan potong-memotong lebih menyenangkan dengan pisau dapur warna-warni atau pisau berbentuk unik.

Agar pisau dan aksesoris yang bermacam-macam ini bisa digunakan secara maksimal, rawatlah sebaik mungkin, jagalah kebersihannya dan rajinlah mengasah ketajamannya.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Mengenal Macam-macam Pisau dan Fungsinya Terbaik"