3 Pilihan Jenis Sapu Terbaik

No comment 6048 views

Jenis Sapu, Alat Pembersih, Kebersihan Rumah Tangga

Jenis sapu – Siapa sih yang suka dengan kondisi rumah yang kotor dan berdebu? Lantai yang berdebu dan kotor juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan penghuninya. Oleh karena itu, segera luangkan waktu hari ini untuk mengambil alat kebersihan rumah tangga dan memulai kegiatan bersih-bersih.

Alat pembersih utama yang akan sangat membantu aktivitas ini adalah sapu. Secara umum, sapu dibagi ke dalam tiga jenis yakni sapu dorong, sapu sintetis, dan sapu jagung. Apa beda ketiga sapu ini dan bagaimana karakteristiknya? Temukan jawabannya di bawah ini:

  • Sapu dorong

Apakah Anda pernah mengamati bentuk sapu yang berbeda-beda? Bentuk dan jenis sapu dibuat berbeda karena disesuaikan dengan fungsinya dan objek yang akan dibersihkan. Jenis sapu ini sangat cocok untuk membersihkan bagian luar rumah dan garasi.

Sapu ini mempunyai penampang yang luas pada bagian bawahnya sehingga jumlah bulu sapunya lebih banyak dibandingkan sapu lainnya. Luasnya penampang bulu sapu pada sapu dorong membuat alat pembersih ini mampu membersihkan ruangan dengan cepat. Sapu dorong juga ada yang dilengkapi dengan sensor sehingga mampu melacak kotoran pada celah paling kecil sekalipun.

  • Sapu sintetis

Sapu sintetis adalah alat pembersih yang paling cocok untuk membersihkan bagian dalam rumah. Jenis sapu terbaik ini dibuat dari polipropilen yang memiliki struktur agak kaku sehingga sangat sempurna digunakan di area yang kering maupun basah.

Jenis sapu ini juga memiliki keunggulan dapat membersihkan lantai yang berminyak serta tidak mudah rusak saat terkena air atau cairan lainnya. Menariknya, alat pembersih rumah tangga tersebut pun sangat cocok untuk membersihkan karpet, keset, atau tempat-tempat lain yang memiliki tekstur kasar dan agak susah dibersihkan.

  • Sapu jagung

Sapu yang satu ini adalah jenis yang paling awet digunakan sebagai alat pembersih. Gagang sapu jagung terbuat dari bahan alami dan tahan lama seperti bambu. Bulu sapu jagung pada umumnya memiliki struktur yang lebih kaku jika dibandingkan dengan sapu sintetis polipropilen sehingga sesuai untuk membersihkan sampah yang ada di dapur.

Akan tetapi, jika jenis sapu ini terkena minyak, bulu sapu akan menjadi lebih lentur dan berubah lebih lembut ketika digunakan. Alat pembersih rumah tangga ini juga tidak perlu dicuci setelah digunakan karena kontak dengan air akan merusak tekstur bulunya dan membuatnya tidak tahan lama. Simpanlah sapu jagung di tempat yang kering dan terhindar dari percikan air hujan.

Itulah ulasan singkat dan menarik tentang ragam jenis sapu sebagai alat kebersihan rumah tangga. Penggunaan sapu yang tepat akan membantu Anda menyelesaikan aktivitas bersih-bersih rumah dalam waktu yang cepat. Dan jangan lupa, setelah disapu lantai rumah juga perlu dipel secara rutin supaya kebersihannya lebih maksimal.

author
No Response

Leave a reply "3 Pilihan Jenis Sapu Terbaik"