6 Cara Baru Rawat Perlengkapan Bayi!

No comment 1933 views

Merawat Baju BayiPerlengkapan bayi – Menjaga dan merawat perlengkapan bayi seperti baju, kaos dalam, celana panjang, serta celana dalam memang membutuhkan penanganan yang khusus. Bunda tak bisa sembarangan dalam mencuci perlengkapan buah hati tersebut layaknya Bunda bisa bebas mencuci pakaian orang dewasa.

Perlakuan khusus pada perlengkapan bayi ini akan menjadikan buah hati merasa nyaman dan tidak mengalami gangguan atau iritasi kulit. Apa saja perlakukan khusus yang harus Bunda perhatikan saat mencuci? Simak beberapa tips penting seputar mencuci dan merawat baju ini:

1. Memisahkan baju kotor

Untuk menjaga kesterilan perlengkapan bayi Bunda, upayakan selalu memisahkan perlengkapan bayi yang terkena keringat, noda biasa, atau kotoran anak. Adanya pemisahan semacam ini pada perlengkapan bayi akan mencegah bertebarannya bakteri dan kuman-kuman pada perlengkapan bayi baru lahir lainnya.

2. Mencuci dengan deterjen khusus

Langkah kedua, Bunda dapat memilih detergen khusus yang bersifat lembut dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang dapat tertinggal pada serat perlengkapan bayiSelain itu, penggunaan deterjen khusus ini juga akan menjaga serat baju bayi tidak mudah sobek atau berlubang. Bunda juga dapat mencuci perlengkapan bayi ini dengan tangan secara perlahan.

3. Menghindari pemutih

Hindarilah pemutih dalam bentuk apapun ketika melakukan proses pembersihan baju bayi. Pemutih pada umumnya mengandung bahan kimia yang sangat kuat dan berpotensi untuk menciptakan aroma sangat menyengat pada baju buah hati Anda. Hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan buah hati saat memakainya.

4. Menghindari pewangi / pelembut

Selain menghindari pemutih, ada baiknya juga Bunda menghindari bahan pewangi / pelembut pada saat mencuci perlengkapan bayi. Pewangi atau pelembut ini bisanya mengandung parfum yang memiliki bau menyengat. Pada beberapa bayi, keadaan semacam ini dapat menyebabkan mereka menjadi alergi.

5. Membilas baju 2-3 kali

Untuk mendapatkan tampilan perlengkapan bayi bersih maksimal, upayakan untuk membilas pakaian anak ini sebanyak 2-3 kali sampai perlengkapan buah hati Bunda benar-benar bersih dari busa dan bau sabun. Jangan lupa juga bilas baju dengan air mengalir pada tahap akhir untuk menjamin kesucian dan kebersihan perlengkapan anak.

6. Menyetrika bagian dalam baju

Salah satu trik merawat dan menjaga baju anak yang mungkin tidak banyak Bunda ketahui adalah menyetrika bagian dalam baju. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman-kuman dan bakteri yang berpeluang menempel di dalamnya dengan menggunakan panas setrika uap.

Enam tips perawatan pada perlengkapan bayi ini akan sangat membantu Bunda untuk melakukan pembersihan baju buah hati secara lebih tepat. Bunda juga dapat memisahkan baju-baju buah hati yang berwarna putih dengan baju warna lainnya yang berpotensi untuk luntur agar tampilan kebersihan dan keindahan perlengkapan bayi tetap terjaga.

author
No Response

Leave a reply "6 Cara Baru Rawat Perlengkapan Bayi!"