Waspada, Tirai Kamar Mandi Ini Sarang Penyakit!

Tirai Kamar Mandi Berbahaya

Tirai kamar mandi – Siapa yang tak mengenal adanya perlengkapan rumah semacam tirai kamar mandi? Keberadaan tirai kamar mandi ini seringkali digunakan untuk memisahkan dan sekaligus menutup bathtub dengan bagian kamar mandi lainnya. Selain berfungsi untuk memisahkan ruang antara bathtub dengan sudut lain dalam kamar mandi, keberadaan aksesoris satu ini juga sering dimanfaatkan untuk pemanis dekorasi ruangan. (Baca juga: 4 Jenis Tirai Kamar Mandi Modern!)

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa akhir-akhir ini ada sebuah studi yang melakukan penelitian pada penggunaan tirai kamar mandi tertentu dan mengungkapkan hasil temuan yang mencengangkan. Pasalnya, polyvinylchloride yang merupakan bahan tirai paling sering dijumpai di pasaran ternyata mengandung beberapa jenis zat berbahaya seperti:

phthalate

organotin

– volatile organic compunds (VOC)

Ketiga jenis kandungan zat kimia ini sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Sebuah lembaga nonprofit “Centre for Health, Environment, and Justice” yang berlokasi di Amerika Serikat mengungkap bahwa ketiga kandungan zat berbahaya tersebut akan meningkat setelah 28 hari digunakan. Bisa dibayangkan bahwa Anda dan keluarga akan menghirup kandungan zat berbahaya ini selama hampir satu bulan.

Selain itu, studi tersebut juga mengungkap bahwa tirai kamar mandi berbahaya berbahan polyvinylchloride mengandung lebih dari satu jenis VOC yang sangat berisiko bagi kesehatan, Bahkan, jika temperatur ruangan meninggi, maka kemungkinan besar akan terjadi pertambahan ancaman udara berbahaya. (Baca juga: Segarkan Pikiran dengan Tirai Kamar Mandi Ini!)

Tentu saja kandungan zat-zat berbahaya tersebut akan mengganggu kesehatan manusia di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengganggu kesehatan reproduksi pria

Terlepasnya zat kimia phthalate dari aksesoris tirai kamar mandi menuju udara akan sangat berbahaya jika sampai terhirup oleh anggota keluarga laki-laki. Pasalnya, zat ini bisa menurunkan kualitas sperma. Tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kesuburannya sebagai seorang pria. Sunguh risiko yang  tak main-main.

2. Menimbulkan sesak napas

Kandungan zat kimia VOC yang menguap dari tirai kamar mandi berbahaya ini juga akan memberikan pengaruh pada sistem pernapasan. Pada umumnya, anggota keluarga yang telah menghirup VOC dalam jumlah banyak akan mengalami maslah kesulitan bernapas.

3. Merusak saraf, hati, dan ginjal

Zat VOC pada tirai kamar mandi berbahaya ini ternyata juga mampu memicu timbulnya masalah kesehatan lainnya yang mengerikan seperti kerusakan pada saraf, hati, dan ginjal, Hal ini merupakan sebuah masalah serius yang terjadi hanya karena kurang teliti memilih bahan tirai kamar mandi.

Berhati-hatilah dalam memilih aksesoris kamar mandi modern seperti tirai karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan Anda di masa mendatang. Mengeluarkan uang lebih saat membeli tirai kamar mandi tentu tak masalah, asalkan aman digunakan dalam jangka waktu lama.

author
No Response

Leave a reply "Waspada, Tirai Kamar Mandi Ini Sarang Penyakit!"