10 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dimalam Hari

Mungkin bunda bingung dengan siklus tidur bayi ketika malam terbangun dan tidurnya tidak nyenyak. Why? Kenapa bayi suka terbangung ketika malam hari? Mungkinkah karena lapar atau mungkin popoknya mulai basah? Nah, disini kami akan membagikan 10 tips agar bayi tidur nyenyak tanpa takut terbangun di malam hari.

 

  1. Atur Jadwal Tidur Bayi

Mengatur siklus tidur bayi dan memastikannya agar tidak berubah-ubah jam tidur si bayi. Berikan pemahaman pada bayi bunda bahawa itu adalah jadwal tidur untuk bayi bunda.

 

  1. Gunakan Popok Dengan Daya Serap Tinggi

Kebanyakn bayi yang terbanngun dari tidurnya dimalam hari karena kurang nyaman dengan popok yang sedang digunakannya. Bunda harus rajin mengontrol popok yang dikenakan bayi apakah sudah penuuh atau belum, jika tidak bayi akan merasa terganggu tidurya karena popok yang sudah penuh.

 

  1. Beri Makan dan Susu yang Cukup Sebelum Bayi Tidur

Memastikan keadaan perut bayi dalam keadaan kenyang sangat penting. Jangan samapai bayi merasa haus atau kelaparan ketika malam hari sehingga itu akan mengganggu jam tidur si bayi.

 

  1. Tidur Dengan Orang Tua

Jika bayi berusia 0-10 bulan mungkin dia lebih merasa nyaman apabila bayi sedang tidur di sebelah bunda. Ketika sudah berumur 10 bulan keatas mungkin bunda bisa memindahkan tempat tidur ke dalam box bayi

 

  1. Ciptakan Suasana Kamar yang Nyaman

Kamar yang bersih akan membuat bayi tidur lebih nyaman dan tenang. Matikan semua peralatan elektronik yang menyala seperti TV dan lampu kamar. Kalau tidak mau terlalu gelap bunda bisa menggunakan lampu tidur untuk penerangan.

 

  1. Kenakan Baju Tidur yang Nyaman

Pastikan bayi mengenakan baju sesuai dengan suhu ruangan. Pilih bahan yang lembut agar kulit bayi tidak merasa gatal saat mengenakannya.

 

  1. Hindari Main Dimalam Hari

Kerap kali bayi yang terbangun dimalam hari berkeinginan untuk bermain. Yang harus dilakukan bunda adalah ajaklah main sebentar untuk menggembalikan mood-nya agar bayi menurut kembali untuk diajak melanjutkan tidurnya.

 

  1. Periksa Kondisi Tubuhnya

Bayi sangat rentan sekali dengan perut kembung apalagi dengan suhu malam. Berikan minyak telon agar bayi merasa tetap hangat dan menghilangkan rasa kembung yang dideritanya.

 

  1. Mencoba Memberikan Dot Bayi

Hasrat minum setiap bayi berbeda-beda. Ketika bayi banyak gerak dimalam hari saat tidur coba berikan dotnya, mungkin bayi merasa haus.

 

  1. Berikan Waktu Bermain Disiang Hari dan Tidur Siang yang Cukup

Biarkan bayi bermain di siang hari, karena dengan memaksimalkan main di siang hari membantu bayi tidur lebih nyenyak ketika malam hari. Tapi, pastikan juga tidur siang, meskipun hanya sebentar.

 

Itulah 10 tips untuk bunda agar Bayi Tidur Nyenyak.

author
No Response

Leave a reply "10 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Dimalam Hari"