2 Tips Mengatasi Osteoporosis Setelah Melahirkan

obat-sakit-pinggang

Setelah menjalani masa kehamilan selama 9 bulan lamanya, akhirnya Anda dapat menimang bayi Anda dengan kedua tangan Anda sendiri. Tentunya hal tersebut menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Anda dan pasangan, bukan? Dan bahkan Anda mungkin sama sekali tidak menyangka bahwa ternyata kini Anda terancam terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang setelah melahirkan. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Dan juga, apa saja tips mengatasi osteoporosis setelah melahirkan?
Saat Anda hamil, bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim Anda akan membutuhkan jumlah kalsium yang sangat besar untuk mendukung tumbuh kembangnya. Dan jika selama masa kehamilan Anda tidak rajin mengkonsumsi makanan dan minuman berkalsium, tubuh Anda akan mengambil asupan kalsium dari tulang Anda untuk diserap oleh bayi Anda. Namun di saat itu Anda masih tergolong sangat beruntung. Alasannya adalah karena di saat yang sama tubuh memproduksi hormon estrogen yang berperan untuk melindungi kalsium. Namun, hormon tersebut akan mengalami penurunan setelah Anda melahirkan. Sedangkan tubuh Anda akan terus menyerap kalsium untuk diolah menjadi ASI. Lalu, apa sajakah tips mengatasi osteoporosis setelah melahirkan?
• Banyak Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Berkalsium
Selama masa menyusui, Anda sangat disarankan untuk rajin menyantap makanan dan minuman dengan kadar kalsium tinggi. Menurut National Academy of Sciences, seorang ibu hamil atau ibu menyusui membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1.000 mg setiap harinya. Sedangkan, jika sang ibu ternyata masih berusia remaja, maka ia membutuhkan asupan kalsium yang jauh lebih banyak. Yaitu sekitar 1,300 mg kalsium tiap harinya.

Asupan kalsium harian Anda bisa ditemukan dalam berbagai macam makanan dan minuman. Contohnya adalah produk hewani seperti susu, yoghurt, keju, dan bahkan es krim. Selain dari produk susu, kalsium juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi berbagai macam sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan bok choy. Beberapa jenis ikan seperti ikan sarden dan salmon yang dikonsumsi dengan tulangnya juga bisa menjadi sumber kalsium harian Anda.
• Berolahraga Rutin
Selain mengkonsumsi makanan berkalsium, Anda juga bisa memperkuat tulang dengan berolahraga. Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga yang memanfaatkan kaki untuk melawan gravitasi bumi. Contohnya seperti berjalan santai, menaiki tangga, menari, dan angkat beban. Ada baiknya juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menemukan jenis olahraga yang efektif namun tetap aman untuk dilakukan.
Demikianlah 2 tips mengatasi osteoporosis setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "2 Tips Mengatasi Osteoporosis Setelah Melahirkan"