3 Langkah Jitu Usir Pegal saat hamil

No comment 73019 views

3 Langkah Jitu Usir Pegal saat hamil

Pegal saat hamil – Salah satu hal yang membuat ibu hamil tidak nyaman adalah pegal pada bagian punggung atau bagian bawah pinggang terasa nyeri. Pegal saat hamil ini bisa disebabkan oleh bebera faktor salah satunya karena pereganggan otot – otot dibagian belakang tubuh karena menopang beban janin yang makin hari makin besar.

Tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman saat beraktifitas sehingga apapun menjadi serba salah. Penyebab pegal saat hamil lainnya adalah Anda kurang berolahraga atau kurang banyak bergerak. Untuk itu ibu hamil harus senantiasa bergerak dan melakukan olahraga ringan, selain itu Anda juga harus mengikuti cara – cara berikut agar terhindar dari rasa pegal saat hamil.

Langkah atasi pegal saat hamil

Berikut adalah tiga gerakan yang harus Anda lakukan agar terhindar dari rasa nyeri dan pegal pada punggung

1. Peregangan bahu
Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi pegal saat hamil adalah mereganggkan bahu. Tujuannya membuat rileks otot – otot bahu, lengan, leher dan punggung Anda.
Adapun langkah – langkah yang bisa dilakukan yaitu
– Duduk tegak dan telapak kaki menempel rata di lantai kemudian secara perlahan angkat tangan kanan Anda.
– Tekuk siku lalu jatuhkan tangan ke belakang (telapak tangan menghadap punggung), serta tarik siku ke bawah dengan tangan kiri Anda.
– Tahan posisi selama 20 detik, untuk kemudian mengulangi gerakan yang sama dengan tangan yang lain.

2. Memiringkan dan memutar kepala dan leher
Selanjutnya Anda harus Memiringkan dan memutar kepala dan leher, gerakan ini bertujuan menjaga otot-otot leher dan bahu tetap lentur bisa mencegah terjadinya ketegangan otot tubuh bagian atas.
Hal – hal yang harus Anda lakukan yaitu :
– Duduk tegak, dengan posisi bahu rileks dan kepala menghadap lurus ke depan, kemudian secara perlahan, miringkan kepala ke kanan, sampai telinga kanan hampir menempel bahu.
– Kembali ke tengah, lalu miringkan kepala ke kiri.
– Kemudian ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.
– Sebagai alternatif, duduk tegak dengan bahu rileks. Secara perlahan, putar kepala ke kanan, kembali ke tengah, dan perlahan-lahan putar lagi ke kiri.
– Ulangi gerakan sampai lima kali. Kedua gerakan ini bisa dilakukan secara bergantian.

3. Menggerakkan kaki dan pergelangan kaki
Gerakan terakhir untuk mengatasi pegal saat hamil adalah menggerakkan kaki dan pergelangan kaki
Tujuannya yaitu untuk memperlancar sirkulasi darah, mencegah terjadinya kram otot, serta mengencangkan otot-otot betis dan paha.
Yang bisa Anda lakukan:
– Atur posisi duduk hingga santai dengan punggung tersangga dengan baik, lalu Angkat kaki kanan, dan mulailah ’menggambar’ huruf alfabet di udara. Jaga agar kaki kiri tidak bergerak
– Ganti dengan kaki kiri. Lalu ulangi seluruh gerakan sebanyak dua kali lagi.

Ibu hamil yang mengalami pegal – pegal merupakan kondisi yang wajar, terutama saat kehamilan trimester akhir. Pegal pada saat hamil terjadi akibat terlalu banyak berjalan sehingga menggunakan tumpuan kaki terlalu sering untuk menopang berat badan, penyebab lainnya yaitu melakukan posisi yang kurang tepat seperti duduk dalam posisi kaki menggantung atau bersimpuh terlalu lama, menyetir mobil berjam – jam dan masih banyak lagi.

Untuk menanganinya, ibu hamil harus menghindari hal – hal tersebut, namun tidak dijamin bahwa dengan menghindarinya, pegal – pegal tidak terjadi. Saat Anda sedang merasakan pegal – pegal yang harus segera dilakukan yaitu melakukan relaksasi dengan duduk sambil meluruskan kaki dan lebih baik jika Anda tidur dengan posisi telentang, akan lebih nyaman lagi jika Anda meminta bantuan suami untuk memijat kaki.

Dengan melakukan perawatan kaki mungkin tidak dapat menghilangkan keluhan pada kaki selama kehamilan namun dapat mengurangi rasa sakit dan membuat lebih nyaman. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukakan untuk membuat kaki Anda sehat selama kehamilan.

1. Lakukan olahraga ringan secara rutin agar peredaran darah ibu hamil tetap baik dan lancar. Anda bisa melakukan olahraga ibu hamil seperti berjalan kaki setiap pagi atau sore hari, berenang, yoga, ataupun senam ibu hamil.

2. Manjakan tubuh Anda dengan melakukan perawatan. Hal ini bukan berarti harus boros, Anda bisa melakukan pijat di tempat khusus untuk menghilangkan lelah. Namun perlu Anda tahu, jangan melakukan pemijatan di daerah perut karena dapat berakibat lepasnya plasenta yang sangat membahayakan keselamatan ibu dan bayi.

3. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.

4. Hindari penggunaan stocking yang terbuat dari bahan nilon karena dapat menghambat pernapasan pada kaki yang menimbulkan keringat berlebih. Hal ini dapat berakibat berkembang biaknya jamur yang menyababkan infeksi. Pilihlah stocking yang berkualitas bagus sehingga nyaman dipakai dan tidak menyebabkan masalah, semakin bagus stockingnya semakin nyaman saat Anda menggunakan. Yang pasti jangan gunakan stocking terus menerus, gunakan sesuai dengan kebutuhan saja.

Sebenarnya mengatasi pegal saat hamil itu sangatlah mudah jika Anda mengetahui cara yang tepat seperti dengan memperhatikan tips – tips di atas. Selamat mencoba. Baca juga : 6 Langkah Memilih Sepatu untuk Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "3 Langkah Jitu Usir Pegal saat hamil"