3 Langkah Mudah Rawat Kepala Bayi Baru Lahir

perawatan bayi

Selamat pagi Bu! Bagaimana kondisi Anda usai melahirkan? Tentunya senang kan, melihat wajah si Kecil yang lucu dan menggemaskan tersebut. Dari sinilah langkah pertama untuk memberikan perawatan bayi dimulai. Jika terlalu susah untuk melakukannya sendiri, bisa meminta tolong kepada neneknya atau saudara yang telah berpengalaman merawat si Kecil.

Perawatan apa saja yang perlu dilakukan? Saat memandikan, Anda harus berhati-hati saat mengusap kepalanya. Sebab, ubun-ubunnya masih berdenyut sehingga jangan terlalu keras untuk mengusapnya. Yuk, simak langkah mudah merawat kepala bayi baru lahir yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Memilih Sampo yang Pas untuk si Kecil

Sampo bayi tidak bisa disamakan dengan sampo orang dewasa karena kulitnya masih terlalu sensitif. Gunakan sampo yang tidak pedih di mata dan mengandung pH-balance-nya. Tulisan pH ini biasanya tertera di botol sampo. Untuk sampo si Kecil, pilihlah pH antara 4.5 hingga 6.

Saat membersihkan kepalanya, hindari mengusap bagian ubun-ubunnya. Pijatlah dengan lembut dan rapikan rambutnya yang kusut. Pastikan bahwa kulit kepala benar-benar bersih dari dari sisa sampo karena bisa menyebabkan cradle cap. Jika kulit kepalanya bersih, ia pun tak merasakan gatal-gatal yang bisa membuatnya makin semangat beraktivitas.

  • Menyisir Rambut Bayi

Bayi yang berambut tebal memang terlihat makin menggemaskan dan lucu. Namun, rambut ini justru lebih gampang kusut dan tidak rapi seiring dengan banyaknya gerakan bayi. Untuk merapikannya, gunakanlah sisir bayi yang memiliki gigi lembut dan halus. Jika masih cukup susah, gunakan hair lotion agar rambutnya gampang terurai.

  • Memotong Rambut Bayi

Mungkin beberapa orang melihat si Kecil gundul plontos akan geli dengan sendirinya. Ternyata, menggundul bayi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit kepalanya. Si Kecil yang berada di dalam kandungan selama 9 bulan dan melewati jalan rahim memiliki banyak kemungkinan rambutnya terkontaminasi lemak.

Untuk menghilangkan sisa lemak di rambut, cara paling efektif yaitu dengan menggundulnya hingga plontos. Anda juga lebih mudah mendeteksi dini iritasi atau bisul yang ada di kepalanya. Jika tak bisa menggundulnya sendiri, bisa meminta bantuan bidan atau pencukur bayi.

Mudah kan, memberikan perawatan kepala bayi baru lahir? Jika Anda melihat cradle cap di kulit kepalanya, oleskan baby oil terlebih dahulu lalu gosok-gosok dengan lembut. Selamat menikmati hari yang menyenangkan dengan si Kecil ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "3 Langkah Mudah Rawat Kepala Bayi Baru Lahir"