3 Makanan Penting Penuhi Gizi Ibu Hamil

No comment 949 views

gizi ibu hamil

 

Memilih menu makanan yang bergizi untuk Ibu hamil memang gampang-gampang susah, ya! Apalagi bagi Anda yang sedang mengalami gejala mual di pagi hari. Salah satu penyebab timbulnya rasa mual tersebut adalah karena mencium aroma makanan yang ada di sekitar. Namun, tetap saja, apapun yang terjadi, gizi ibu hamil tetap harus terpenuhi. Gizi tersebut diperoleh dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil dan kemudian dialirkan oleh uterus sebagai sumber asupan nutrisi utama untuk si Kecil dalam kandungan.

Nah, ada beberapa makanan yang wajib Ibu konsumsi untuk mendukung tumbuh kembang janin seperti berikut ini:

  • Makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat penting yang dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil dan janinnya. Dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup, Ibu tetap bisa beraktivitas dengan baik meskipun sedang ‘membawa’ janin di dalam rahim.  Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan cadangan energi untuk proses bersalin kelak. Jika Ibu hamil mengurangi asupan karbohidrat yang seharusnya dibutuhkan, kemungkinan untuk mengonsumsi makanan sampingan yang tidak sehat justru lebih besar. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan Ibu dan janin.

  • Susu

Mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui kandungan utama pada susu yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yaitu kalsium. Zat ini memiliki peran besar dalam proses pertumbuhan tulang serta gigi. Namun bukan hanya itu, kandungan mineral yang terdapat dalam kalsium ini juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah, menormalkan tekanan otot, serta dapat membantu mnyeimbangan cairan tubuh bagi ibu hamil. 

Selain itu, susu juga mengandung lemak yang bisa menjadi sumber energi lain dalam tubuh. Lemak juga berperan dalam proses penyerapan vitamin  A, D, E, dan K yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, lemak juga bisa menjaga suhu tubuh ibu yang sedang hamil agar sanantiasa stabil dan tetap hangat.

  • Buah dan sayur

Gizi ibu hamil juga bisa didapatkan dari konsumsi buah dan sayur. Selain rasanya yang sangat bersahabat bagi ibu yang mengalami morning sickness, buah-buahan serta sayuran banyak mengandung serat alami yang dapat memperlancar proses pencernaan.

Ibu bisa mengonsumsi buah dan sayur ini dalam keadaan mentah dan masih segar. Atau bisa juga digunakan sebagai campuran salad yang dimakan bersama saus. Hal yang terpenting, pastikan Ibu mengonsumsi 1 mangkuk sayur (kurang lebih 80 hingga 100 gram) setiap sarapan dan makan malam.

Setelah mengetahui 3 jenis makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil tersebut, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat di rumah, yakni dengan rajin mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, susu, serta karbohidrat yang dapat memenuhi gizi ibu hamil. Semoga Ibu dan janin sehat selalu!

author
No Response

Leave a reply "3 Makanan Penting Penuhi Gizi Ibu Hamil"