3 Metode Mudah Bersihkan Botol Susu Bayi

No comment 1375 views

bayi minum susu

Hai Ibu, apakah si Kecil sudah bisa memegang botol susunya sendiri? Tentunya Ibu semakin bahagia jika si Kecil sudah mahir untuk memegang botol susunya sendiri. Bu, selain memerhatikan perawatan bayi yang berhubungan dengan kebutuhan badan, kebersihan botol susu juga harus dicermati dengan baik. Ibu yang cerdas perlu tahu bagaimana cara membersihkan botol susu si Kecil dengan tepat.

Botol susu merupakan peralatan bayi yang paling dekat dengan si Kecil. Maka dari itu, memilih botol susu harus disesuaikan dengan usia bayi untuk mempermudah adaptasi mulut si Kecil. Bagi Ibu yang memilih botol plastik, pastikan bahwa jenis yang digunakan berasal dari bahan kimia yang aman untuk kesehatan, sepertiĀ Polypropylene atau PP.

Menjaga kebersihan botol susu bayi sangat penting karena benda ini memiliki kontak langsung dengan si Kecil. Jika kebersihan botol susu tidak terjaga, maka virus, bakteri, dan parasit lain bisa langsung masuk ke dalam mulut bayi. Akibatnya, si Kecil bisa saja terkena diare atau penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh parasit-parasit tersebut. Berikut ini, 3 metode yang bisa Ibu gunakan untuk membersihkan botol susu sebagai salah satu langkah perawatan bayi:

1. Metode Perebusan

Biasanya, Ibu paling sering menggunakan metode perebusan untuk membersihkan botol susu bayi. Jika Ibu memilih metode ini untuk perawatan bayi, pastikan bahwa bahan pembuat botol susu aman untuk direbus. Jenis plastik Polikarbonat (PC) tidak aman jika disterilkan dengan metode perebusan karena senyawa bisa melepaskan senyawa bisfanol yang membahayakan produksi hormon buah hati.

2. Metode Microwave

Sterilisasi botol susu dengan menggunakan microwave memberikan banyak keuntungan. Botol susu dalam keadaan tertutup bisa tetap steril dalam waktu 3 jam setelah dipanaskan dengan microwave. Saat proses sterilisasi dengan microwave, buka tutup botol susu si Kecil untuk menghindari peningkatan tekanan di dalamnya. Hanya membutuhkan waktu 90 detik saja untuk sterilisasi dengan microwave ini.

3. Metode air dingin

Metode air dingin dinilai sebagai cara mudah untuk mensterilkan botol susu. Cukup menggunakan ember atau wadah yang diisi dengan air dingin, proses sterilisasi dapat dilakukan. Namun, pastikan bahwa wadah atau ember yang Ibu gunakan juga steril.

Nah, Ibu bisa memilih metode yang paling mudah untuk sterilisasi. Perawatan bayi dengan menjaga kebersihan botol susu perlu mendapat perhatian khusus. Namun, kebersihan tangan Ibu sebelum dan sesudah memegang botol susu juga harus diperhatikan. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "3 Metode Mudah Bersihkan Botol Susu Bayi"