4 Peralatan Membuat Kue untuk Pemula

No comment 28545 views

Peralatan Membuat Kue

Peralatan membuat kue – Apakah Anda ingin membuat suasana keluarga yang seru dan mengasyikkan di hari liburan? Aktivitas membuat kue bersama keluarga dapat menjadi salah satu hal paling seru untuk dilakukan. Anda tinggal menentukan jenis kue apa yang diperlukan dan mulai menetapkan beberapa set peralatan membuat kue yang dibutuhkan.

Jika ini merupakan waktu pertama Anda dalam membuat kue, Anda dapat mencoba untuk membeli peralatan membuat kue. Peralatan membuat kue yang satu ini akan sangat memudahkan Anda untuk bereksperimen dengan segala macam bentuk kue kering ataupun basah. Berikut ini merupakan jenis peralatan yang sangat cocok untuk pemula:

1. Oven kompor

Bagi Anda yang ingin melengkapi peralatan membuat kue dengan harga terjangkau, Anda dapat membeli oven kompor sebagai alat membuat kue untuk tahap awal. Peralatan ini memang tidak memiliki tombol pengatur suhu otomatis, tetapi sifat manual pada oven kompor inilah yang akan secara perlahan-lahan melatih kepekaan Anda dalam menghasilkan pangganggan kue yang sempurna.

2. Mixer

Peralatan membuat kue berikutnya yang perlu untuk dihadirkan adalah mixer. Alat yang satu ini akan sangat memabntu Anda untuk mencampurkan semua bahan denga adukan elektrik yang pas sehingga terbentuk adonan yang sesuai. Alat yang satu ini memiliki jenis pengaduk yang berbeda-beda. Keberhasilan adonan yang dibuat juga banyak dipengaruhi oleh jenis pengaduk mixer yang digunakan. Sebagai contoh, gunakan peralatan pengaduk yang memiliki dasar rata untuk membuat adonan  yang pas.

3. Loyang

Keberadaan peralatan membuat kue satu ini bisanya sudah satu paket dengan keberadaan oven kompor. Namun, Anda juga dapat melengkapi peralatan membuat kue berupa loyang yang terbuat dari jenis ragam bahan yang berbeda. Untuk peralatan membuat kue kering, Anda dapat memilih loyang yang terbuat dari bahan baja yang agak tipis. Loyang yang terbuat dari bahan ini dapat menghasilkan panas yang merata pada adonan kue kering yang berada di atasnya.

4. Sendok Ukur

Saat membaca sebuah resep Anda pasti akan sering menemui takaran bahan yang menggunakan ukuran sendok, misal 1 sendok makan madu atau 1 sendok teh baking powder. Perlu diperhatikan, sendok makan atau sendok teh disini bukan sendok yang umum kita gunakan untuk makan sehari-hari, namun menggunakan sendok ukur khusus. Umumnya sendok-sendok ini dijual dalam satu set di toko bahan dan peralatan membuat kue. Mengukur menggunakan sendok ini akan membuat Anda lebih akurat dalam menakar bahan.

Nah, itulah ragam alat membuat kue dasar yang sangat cocok untuk dihadirkan bagi pemula. Adanya aktivitas baru berupa membuat jajanan ini akan menjadikan suasana liburan dan waktu berkumpul dengan keluarga di rumah ini lebih terasa hidup, berkesan, seru, dan penuh canda tawa. Anda dapat menghadirkan sejumlah buku resep membuat kue yang sederhana untuk dijadikan panduan dalam membuat jajanan baru. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan peralatan membuat kue usai digunakan agar alat tetap awet dan dapat digunakan kembali.

Selain dengan mempersiapkan peralatan membuat kue di atas, bagi Anda yang baru memulai melakukan hal baru ini, harus mengatahui tips yang tepat agar pembuatan kue tidak gagal. Gagal memang merupakan hal yang wajar, namun setidaknya hasil dari membuat kue pertama tidak terlalu buruk sehingga tidak membuang – buang bahan dengan percuma. Ini dia tips membuat kue untuk pemula yang harus Anda ketahui.

  • Membaca resep secara keseluruhan
    Saat Anda baru pertama kali membuat kue tentu saja membutuhkan bantuan resep yang mungkin didapatkan dari keluarga, teman, atau internet. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu baca dengan teliti resep tersebut, jangan tergesa – gesa saat membacanya agar tidak ada salah satu bahan yang terlewat.
  • Kelengkapan alat dan bahan
    Tentu saja saat Anda membuat kue harus mengetahui alat apa saja yang akan digunakan. Cek ulang sebelum Anda melakukan proses membuat kue, jangan sampai ada alat atau bahan yang terlupakan sehingga mengganggu proses bembuatan kue di tengah – tengah membuatnya.
  • Persiapan bahan
    Seringkali ketika Anda membeli bahan lalu menyimpannya di dalam lemari es agar tidak mudah rusak, hal ini memang benar. Namun saat Anda berencana membuat kue, pastikan bahan yang akan digunakan untuk membuat kue yang diletakan dalam lemari pendingin di keluarkan terlebih dahulu satu jam sebelum proses pembuatan kue dimulai.
  • Alat yang berbeda
    Untuk mengukur berapa banyak bahan yang Anda gunakan saat membuat kue tentu saja menggunakan alat takar, tapi Anda harus membedakan alat takar yang akan digunakan untuk bahan yang bersifat kering seperti gula, tepung, dan kacang, ataupun bahan yang bersifat cair seperti air dan susu.
  • Perhatikan saat pencampuran bahan
    Sebagai pemula Anda harus benar – benar memperhatikan resep, jangan sampai langsung mencampurkan semua bahan dalam mangkuk. Teliti resepnya dan ketahui bahan apa saja yang harus dicampur terlebih dahulu.
  • Pasang timer
    Untuk menghindari resiko gagal untuk pembuat kue pemula Anda harus memasang timer dengan suara yang keras agar ketika menunggu kue matang Anda dapat melakukan pekerjaan lain tanpa takut lupa dengan waktu.

Selain memperhatikan tips di atas Anda juga dapat mencoba resep untuk membuat kue bagi pemula berikut ini. Hal ini dapat dilakukan untuk mengukur seberapa kemampuan Anda dalam membuat membuat kue.

Resep membuat kue bolu untuk pemula 

Bahan-bahan:
100 gram tepung terigu
100 gram gula pasir
5 butir telur ayam
100 gram cokelat bubuk
1 sdt ovalet
margarine, lelehkan
susu kental manis rasa cokelat
butter cream atau selai

Cara membuat kue bolu:
Siapkan wadah, masukkan gula pasir, telur, dan ovalet. Mixer beberapa menit sampai adonan mengembang. Lalu masukkan tepung terigu perlahan-lahan sedikit demi sedikit, tambahkan cokelat bubuk dan susu kental manis rasa cokelat. Aduk-aduk sampai tercampur rata. Tambahkan margarine yang telah dilelehkan. Aduk sampai adonan rata.

Siapkan Loyang, olesi dengan sedikit margarine. Tuangkan adonan kue bolu pada loyang tersebut. Lalu kukus dengan api sedang selama 30 menit. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

Setelah kue dingin, keluarkan kue bolu dari Loyang, belah menjadi dua bagian atas dan bawah. Olesi dengan butter cream atau selai. Lalu tutup dengan belahan lainnya. Kue bolu sudah siap. Untuk menyajikannya, Anda dapat memotong sesuai selera.

Tidak susah untuk membuat kue bagi Anda yang merupakan pemula, jika mengetahui tips cara membuat kue untuk pemula yang tepat. Hindari keselahan umum yang sering dilakukan oleh para pemula pembuat kue sepeti terburu – buru dan tidak membaca resep membuat kue hingga selesai. Baca juga : Yuk, Mengenal Macam-macam Pisau dan Fungsinya Terbaik

author
No Response

Leave a reply "4 Peralatan Membuat Kue untuk Pemula"