3 Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

No comment 1161 views

3 Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

Posisi tidur ibu hamil – Saat akan tidur ibu hamil sering khawatir dan cemas akan kondisi bayi yang ada didalam kandungan, sehingga mengakibatkan tidak nyenyak saat tidur. Padahal tidur yang cukup sangat diperlukan oleh ibu hamil.

Jika saat memasuki trimester pertama ibu hamil akan merasa tenang – tenang saja dengan bisa melakukan posisi tidur apapun yang dapat memberi rasa nyaman pada dirinya sendiri karena keadaan perut yang belum terlalu membesar. Namun ketika sudah memasuki trimester kedua posisi tidur ibu hamil mulai harus diperhatikan.

Sebenarnya tidak perlu khawatir dengan posisi tidur saat hamil karena perut ibu hamil sudah didesain sedemikian rupa oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi bayi. Namun memang tetap saja harus berhati – hati dengan memperhatikan posisi tidur ibu hamil yang berikut ini.

Posisi tidur ibu hamil yang baik

1. Tidak Terlentang
Posisi tidur ibu hamil yang harus dihindari yaitu tidur dengan cara terlentang. Karena dengan tidur posisi seperti ini ibu hamil akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang. Tidur dengan posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan, dan mengganggu pernapasan dan sirkulasi. Untuk beberapa ibu hamil, dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain justru meningkatkan tekanan darah.

2. Miring / menyamping
Posisi tidur ibu hamil yang satu ini sangat dianjurkan oleh dokter ketika perut membesar. Untuk posisi ini disarankan tidur menyamping kesisi kiri, karena tidur menyamping ke kiri akan membuat janin terhindar dari tekanan organ yang besar itu. Posisi ini juga dapat mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin.

3. Bersandar
Dengan bersandar bisa menjadi pilihan posisi tidur ibu hamil jika Anda tidak suka dengan tidur menyamping. Anda bisa menumpuk beberapa bantal, kemudian tidurlah dengan cara bersandar pada tumpukan bantal tersebut. Agar lebih nyaman lagi Anda bisa menaruh beberapa bantal di bawah lutut.

Itulah beberapa posisi tidur ibu hamil yang harus diperhatikan saat usia kandungan mulai membesar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat! Baca juga : 5 Kiat Sukses Menjadi Seorang Ibu Baru

author
No Response

Leave a reply "3 Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil"