3 Tips Mengatasi Perut Gatal Pada Masa Kehamilan

Gatal-pada-perut-saat-hamil-300x272

Saat Anda hamil, Anda akan merasakan berbagai macam gejala kehamilan, seperti mood swing dan rasa mual yang diikuti oleh muntah (morning sickness). Gejala-gejala tersebut adalah hal yang wajar dan umum terjadi pada ibu hamil. Seringkali penyebabnya adalah karena pengaruh hormon. Nah, satu lagi gejala yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu gatal-gatal. Rasa gatal-gatal ini biasanya muncul di area perut. Dan walaupun rasa gatal itu merupakan hal yang sangat normal, pastinya Anda akan merasa terganggu dan tidak nyaman, bukan? Nah, simak yuk cara mengatasi perut gatal pada masa kehamilan di bawah ini.
• Hindari Mandi Air Panas
Anda mungkin mengira kalau mandi air panas bisa mengatasi perut gatal pada masa kehamilan. Padahal air panas justru berpotensi semakin menambah parahnya rasa gatal-gatal tersebut. Penyebabnya adalah, air panas membuka pori-pori tubuh dan mengikis kelembapan kulit. Akibatnya kulit tubuh Anda jadi kering dan terasa gatal.

So, sebisa mungkin hindari mandi dengan air panas atau air hangat, Moms. Dan juga jangan lupa untuk mengenakan krim lotion yang diresepkan oleh dokter untuk membantu melembapkan kulit sekaligus membantu meringankan gejala gatal-gatal selama masa kehamilan.
• Mengenakan Pakaian Berbahankan Kain Katun
Selain karena faktor hormon, gatal-gatal juga bisa disebabkan oleh biang keringat. Nah bisa jadi pakaian yang Anda kenakan terbuat dari bahan kain yang memerangkap keringat sehingga mengakibatkan bakteri penyebab gatal-gatal tumbuh subur.

Sebaiknya selama hamil kenakanlah pakaian yang nyaman dan terbuat dari kain katun. Kain katun merupakan jenis kain yang ringan dan memungkinkan lancarnya sirkulasi udara sehingga kulit Anda akan senantiasa terasa sejuk dan nyaman. Dan dengan sirkulasi udara yang lancar, keringat pun akan sangat jarang keluar. Anda pun jadi terbebas dari biang keringat.
Menghindari Produk Deterjen Atau Pewangi Pakaian Dengan Kadar Pewangi Yang Tinggi
Gatal-gatal yang Anda rasakan juga bisa diakibatkan oleh reaksi alergi terhadap produk deterjen atau pewangi pakaian tertentu. Umumnya, reaksi alergi tersebut dipicu oleh kadar pewangi dalam kadar yang tinggi di dalam produk deterjen atau pewangi pakaian tersebut. Jika Anda memang memiliki alergi atau memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya gunakan deterjen atau pewangi pakaian dengan kadar pewangi rendah. Pastikan juga Anda menggunakan sabun body wash dengan kadar pH yang seimbang.
Jika dengan cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi perut gatal pada masa kehamilan, sebaiknya Anda mengkonsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter kulit yang dipercaya. Semoga informasi ini menginspirasi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "3 Tips Mengatasi Perut Gatal Pada Masa Kehamilan"