3 Tips Menyusui Bayi Kembar Yang Tepat

No comment 1343 views

bayikembar

tips menyusui bayi kembar – Merawat bayi kembar memang lah membutuhkan tenaga yang lebih ekstra dan membutuhkan waktu yang lebih banyak . Salah satu aktvitas yang yang perlu waktu banyak adalah menyusui mereka . Pemberian ASI secara eklusif harus dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan . Dalam menyusui bayi kembar memanglah terkesan repot tapi apabila anda sudah mengetahui cara menyusui bayi kembar dengan benar tentu anda tidak akan merasa repot lagi .

Berikut adalah tips menyusui bayi kembar yang wajib bunda ketahui :

Cara menyusui bayi kembar agar mereka sama – sama merasa nyaman

  • Memberi ASI dengan cara menggendong

Kebanyakan bagi para ibu yang memiliki bayi kembar menyusui merupakan hal yang sulit dilakukan para ibu harus memiliki cara tersendiri aga sikembar dapat merasa nyaman saat meminum ASI . Kondisi yang nyaman saat pemberian ASI juga sangat berpengaruh pada kelancaran menyusui . Anda dapat memeluk sikembar dengan posisi kepala letakkan pada lekuk tangan anda kemudian arahkan sikembar untuk meminum ASI anda .

  • Memberi ASI dengan cara menyanggah kepalanya

Bunda juga dapat menyusui sikembar dengan cara menyanggah kepalanya dengan telapak tangan anda kemudian posisikan badannya diantara kedua tangan anda . Apabila dia meminum susu dibagian payudara kana maka anda dapat memegang dengan tangan kanan begitupun sebaliknya . Anda juga dapat meletakkan sikembar diatas bantal atau meletakkannya diatas pangkuan kemudian sanggah bagian bahu, leher, dan kepala bayi dengan kedua tangan .

  • Memberikan ASI dengan cara gabungan

Bunda dapat memberikan ASI pada salah satu bayinya dengan posisi menggendong sedangkan pada bayi yang satunya lagi bunda dapat melakukannya dengan posisi menyangga kepalanya . Lakukanlah cara tersebut dengan bergantian sehingga membuat bayi anda merasa nyaman . Selain itu posisi yang nyaman dapat melancarkan pemberian ASI pad sikembar .

  • Bantuan orang lain

Anda dapat melibatkan bantuan orang lain seperti suami atau kerabat anda contohnya anda dapat memompa ASI dan menyimpannya didalam lemari pendingin . Jadi jika anda pergi kerja dan sewaktu – waktu sikembar minta susu anda dapat meminta tolong suami atau kerabat untuk memberikannya .

Nah itulah bunda beberapa tips meyusui bayi kembar yang harus bunda ketahui . Kunci utama dalam pemberian ASI pada sikembar adalah kenyamanan seorang ibu dalam memberikan ASI . Dalam pemberian ASI pada sikembar anda disarankan untuk memberikan banayk nutrisi, kalsium dan protein . Baca juga 10 Tips Cara Pompa ASI Eksklusif

 

author
No Response

Leave a reply "3 Tips Menyusui Bayi Kembar Yang Tepat"