3 Tips Posisi Memberi ASI secara Bersamaan Untuk Bayi Kembar

newborn twin girls

Dikarunia satu bayi saja pastinya sudah menjadi berkah yang sangat Anda syukuri? Rasa syukur tersebut pastinya akan langsung berlipat ganda jika Anda dikaruniai oleh bayi kembar. Akan tetapi, tanggung jawab yang juga sama besarnya kini menanti Anda, Moms. Untuk mengurus bayi kembar, Anda akan membutuhkan usaha yang dobel dan juga 2 kali keajaiban dibandingkan jika Anda merawat satu orang bayi. Terutama, dalam hal pemberian ASI. Kebanyakan ibu si kembar akan mengalami kesulitan dalam menentukan posisi menyusui yang pas. Nah, Anda tidak perlu bingung jika Anda mengetahui tips posisi memberi ASI secara bersamaan untuk bayi kembar.
Tentunya tips posisi memberi ASI secara bersamaan untuk bayi kembaryang pertama adalah memastikan bahwa baik si kecil maupun ibu merasa nyaman selama prosesi menyusui. Jika Anda memilih posisi menyusui dengan duduk, duduklah di kursi berlengan yang empuk dengan sandaran yang nyaman. Atau Anda juga bisa bersandar pada sandaran tempat tidur Anda. Anda bisa mencontek tips posisi menyusui di bawah ini untuk inspirasi.
• Posisi Menyusui Dalam Gendongan
Posisi menyusui satu ini sudah tentu memberikan kenyamanan maksimal pada bayi, sekaligus membuat bayi Anda merasa aman. Walaupun sedikit tricky, Anda dapat menyusui kedua bayi kembar Anda dengan cara menggendong mereka dalam pelukan Anda.

Caranya adalah dengan menempatkan salah satu bayi Anda di lekuk siku tangan ibu sebelah kanan, dan bayi lainnya di lekuk siku lainnya. Arahkan bayi pada payudara sisi kanan dan kiri Anda dan biarkan mereka menyusui.
• Posisi Menyusui Menyangga Kepala Bayi
Posisi menyusui ini bisa jadi sangat nyaman untuk ibu dan di saat yang sama, bayi pun dapat menyusui dengan nyaman. Caranya, sangga kepala bayi dengan telapak tangan Anda, dan di saat yang sama selipkan tubuh bayi di bawah kedua tangan Anda. Selama menyusui, Anda dapat mengistirahatkan tangan Anda di atas bantal atau di atas pangkuan Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir merasa pegal-pegal. Bayi pun dapat menyelonjorkan kakinya ke arah belakang punggung Anda dengan leluasa.

• Posisi Menyusui Gabungan
Anda juga dapat menggabungkan dua metode di atas dengan posisi menyusui ini. Untuk satu bayi, Anda dapat menyusuinya dengan cara menggendongnya. Sedangkan untuk saudara kembarnya, Anda dapat menyusuinya dengan cara menyangga kepalanya.
Demikianlah 3 tips posisi memberi ASI secara bersamaan untuk bayi kembar. Semoga menginspirasi, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Tips Posisi Memberi ASI secara Bersamaan Untuk Bayi Kembar"