5 Cara Alami Mengatasi Pilek si Kecil

No comment 2138 views

bayi pilek

Cara Mengatasi Pilek – Bun, si Kecil yang sedang pilek umumnya rewel dan susah tidur. Tentu saja hal itu mengganggunya beraktivitas seperti biasa. Ia bahkan kehilangan senyuman lantaran tubuhnya dalam kondisi yang kurang sehat. Beberapa cara perawatan bayi untuk mengatasi pileknya bisa Anda lakukan agar ia segera sembuh. Bunda boleh memilih pengobatan medis atau  secara alami.

Cara alami bisa dijadikan alternatif untuk menyembuhkan pilek si Kecil yang belum parah atau hanya gejala ringan, seperti hidung tersumbat. Namun, jika si Kecil telah demam, pilek, dan batuk-batuk sebaiknya segera membawanya ke dokter anak. Berikut ini cara alami atasi pilek si kecil yang dibawakan oleh tim katalogibu.com:

  • Membuat Penguapan Alami

Untuk melegakan hidungnya yang tersumbat, Anda bisa meredakannya dengan cara penguapan atau inhalasi. Tuangkan air hangat pada baskom kemudian tetesi dengan minyak telon. Letakkan di pojok kamar agar si Kecil dapat menghirupnya. Bunda juga bisa membantu untuk mengarahkan wajahnya pada uap air hangat tersebut agar hidungnya tak lagi tersumbat.

  • Memandikan dengan Air Hangat

Saat hidungnya tersumbat akibat pilek, tentu saja ia kesulitan untuk bernapas. Untuk membantu melegakannya, mandikanlah si Kecil dengan air hangat kemudian bawalah ia keluar rumah agar terkena matahari. Saat ia menjelang tidur, jangan lupa untuk mengoleskan minyak telon pada perut, punggung, dan dada si Kecil serta pijatlah secara lembut. Jangan lupa atur suhu ruangan agar ia bisa tertidur dengan nyenyak meskipun sedang pilek.

  • Pijat Hidung Bayi dengan Lembut

Memberikan pijatan pada bagian hidung dapat membantu untuk meredakan hidungnya yang tersumbat. Jangan lupa untuk mengoleskan minyak telon di area atas hidung dan alis ya, Bun! Untuk mengeluarkan lendir dalam hidungnya, gunakanlah sapu tangan atau cotton bud. Namun, Anda harus berhati-hati dan jangan sampai memasukkannya terlalu dalam. (baca juga: Langkah Usir Batuk Pilek Bayi Tanpa Obat)

  • Aturlah Posisi Tidur si Kecil

Saat ia terserang pilek, pastinya tidur si Kecil tak bisa tenang seperti biasanya. Ia tentu mengalami kesulitan bernapas dengan baik sehingga ia bingung mencari posisi tidur yang nyaman. Ketika si Kecil terserang pilek seperti saat ini, miringkan badan bayi ketika ia mulai mengantuk. Usahakan posisi kepala lebih tinggi dibandingkan dengan tubuhnya.

  • Perbanyak Cairan

Anda bisa memberikan susu atau air lebih banyak saat si Kecil terkena pilek. Dengan begini si Kecil akan tetap terhidrasi dengan baik, karena memastikan anak tidak kekurangan cairan saat sakit merupakan hal yang penting. Sedikit air tidak apa-apa bagi bayi berusia 3 bulan, tapi sebaiknya Anda memberikan susu (ASI ataupun susu formula) untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan.

Mudah kan, memberikan perawatan bayi saat pilek? Cara mengatasi pilek si kecil tersebut bisa juga Anda pakai meskipun telah mendapatkan obat dari dokter. Saat pileknya telah sembuh, pastinya si Kecil bisa kembali riang dengan semua aktivitasnya. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil ya, Bun!

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Alami Mengatasi Pilek si Kecil"