4 Cara Cegah Bayi Alergi Makanan

No comment 1393 views

bayi alergi

Bu, apa kabar si Kecil hari ini? Sudahkah pagi ini bayi sehat Anda minum susu? Yup, susu merupakan minuman wajib bagi si Kecil untuk mendukung pertumbuhannya yang optimal. Eits, Ibu perlu memperhatikan pemberian susu formula ini agar si Kecil tidak menderita alergi sejak dini ya.

Penyebab alergi ini bisa berupa makanan dan bukan makanan. Namun, golongan umur batita (bawah 3 tahun) biasanya disebabkan oleh makanan. Untuk itu, perlu dilakukan langkah pencegahan sejak awal agar semasa pertumbuhannya si Kecil tidak mudah terserang alergi. Berikut ini langkah mudah yang bisa Ibu lakukan untuk memperkecil risiko alergi makanan pada bayi sehat:

  • Ibu perlu memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama untuk bayi sehat. Hal ini akan menghindarkan dari penggunaan protein asing seperti yang terkandung di dalam susu formula. Dengan begitu, buah hati tersayang akan terjauh dari risiko alergi sejak kecil.
  • Jika Ibu terpaksa harus memberikan susu formula sejak dini karena harus bekerja, maka Anda harus cermat memilih jenis susu formula tersebut. Pilihlah susu yang banyak mengandung zat besi (Fe) hingga umurnya 1 tahun. Zat besi ini akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil di dalam sel darahnya. Namun, jika alasan Ibu tidak memberikannya ASI sejak kecil karena menderita alergi, pilihlah susu formula khusus yang bersifat hipoalergenik.
  • Saat si Kecil masih menerima ASI eksklusif, tetapi si Kecil sudah menunjukkan gejala alergi seperti bintik-bintik merah atau gatal-gatal, Anda perlu mewaspadai makanan yang Ibu konsumsi. Biasanya, alergen yang muncul ini disebabkan adanya faktor alergi genetik. Untuk itu, jauhi makanan pencetus alergi selama menyusui ya Bu. Untuk memastikannya, bawalah si Kecil ke dokter dan lakukan tes alergi.
  • Pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) harus benar-benar diperkenalkan secara hati-hati. Berilah kudapan tersebut selama 3-4 hari untuk mengetahui reaksi tubuh si Kecil. Jika gejala alergi tampak, maka sebisa mungkin Anda untuk tidak memberikannya makanan tersebut. Ibu bisa mencoba memberikan kudapan yang sama saat si Kecil telah bertambah usia ya.

Memang, bukan suatu perkara mudah merawat bayi sehat untuk terhindar dari makanan pencetus alergi. Oleh karena itu, Ibu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan saat menyusui. Ada baiknya jika Ibu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh si Kecil yang dis

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Cegah Bayi Alergi Makanan"