5 Cara Mudah Merawat Bayi Prematur dengan Tepat

perawatan bayi prematur

Memberikan perawatan bayi prematur tentu saja tidak sama saat merawat bayi yang lahir cukup bulan. Sebab, banyak perkembangan yang harus dilalui si Kecil untuk mengejar ketertinggalan. Untuk itu, bayi prematur akan dimasukkan ke dalam NICU (Neonatal Intensive Care Unit) sampai ia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar rahim.

Saat si Kecil sudah dinyatakan sehat oleh pihak dokter, ia tentu saja sudah boleh dibawa pulang. Hal inilah yang menjadi momen membahagiakan sekaligus menegangkan untuk orang tua lantaran harus merawatnya dengan baik. Bagaimana cara merawat bayi prematur dengan benar? Kali ini, redaksi telah merangkum informasi penting seperti berikut ini:

  • Menyiapkan Kamar Bayi yang Bersih dan Aman

Bayi prematur tentu saja lebih rentan terkena beragam penyakit karena sistem imunya belum sempurna seperti bayi lain yang cukup bulan. Untuk itu, selalu jaga kebersihan kamar bayi dari hal-hal yang menyebabkan debu dan bahan kimia berbahaya, terutama asap rokok dan orang yang sedang sakit.

  • Atur Suhu Kamar

Suhu kamar tentu saja akan mendukung kenyamanan si Kecil dan pertumbuhannya. Agar ia nyaman, aturlah suhu kamar menjadi 26 hingga 27 derajat Celsius  agar suhu tubuhnya tetap stabil.

  • Lakukan Metode KMC atau Kanggaroo Mother Care

KMC ini memang memberikan efek yang cukup banyak untuk pertumbuhan si Kecil. KMC ini akan membantu untuk menjaga sushu tubuh bayi, mempererat hubungan emosional, menstabilkan denyut jantung, membuat tidurnya lebih banyak, dan mengatur nafasnya. Letakkan bayi di bagian dada Anda dan biarkan kulitnya bersentuhan langsung dengan kulit ibu. Berikan sentuhan halus pada punggungnya agar ia makin nyaman berada di dekat Anda.

  • Lingkungan yang Tenang

Saat melihat si Kecil tertidur dengan pulas, usahakan Anda untuk terjaga agar tidak ada gangguan yang bisa merusak tidurnya. Aturlah pencahayaan kamar agar tidak terlalu terang dan hindari suara  bising dari luar kamar. Ketahui, jika bayi prematur membutuhkan jam tidur lebih banyak dibandingkan dengan bayi normal. Kualitas tidur yang baik akan memacu hormon pertumbuhan dan perkembangan otak bisa maksimal.

  • Memompa ASI

Dalam beberapa kasus, akan terlalu sulit menyusui bayi prematur langsung dari payudara, jadi ibu dapat memompa ASI untuk menyimpan asupan ASI untuk buah hati. Ketika bayi sudah bisa minum ASI, maka segera susui bayi. Namun, meski demikian ibu tetap perlu memompa ASI untuk menjaga pasokan susu.

Selama menjalani perawatan bayi prematur, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan daftar nomor telepon yang bisa dihubungi ketika terjadi hal0hal yang tidak diinginkan. Berikan ASI eksklusif agar ia bisa tumbuh dengan baik seperti bayi normal. Yuk, berikan yang terbaik untuk buah hati tersayang!

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Mudah Merawat Bayi Prematur dengan Tepat"